2030 di Amsterdam Akan Bebas Polusi Kendaraan Bermotor

2030 di Amsterdam Akan Bebas Polusi Kendaraan Bermotor 1
Warga Belanda saat menunjukkan mobil listrik

JAKARTA-Pemerintah setempat menunjuk Kota Amsterdam sebagai percontohan dan menargetkan pada tahun 2030 kota tersebut bebas dari polusi dan melarang kendaraan bermotor berbahan bakar bensin dan solar (diesel).

“Polusi udara bisa menurunkan harapan hidup penduduknya sebanyak satu tahun,” kata Otoritas Kota Amsterdam, seperti dikutip dari Carcoops.

Bacaan Lainnya

Pemerapan Amsrerdam bebas polusi dimulai dengan beberapa tahap dimana pada tahap pertama di tahun 2020  mobil bermesin diesel serta berusia 15 tahun atau lebih tua. Jenis ini akan dilarang masuk di jalanan kota.

Selanjutnya pada tahun 2020 kendaraan umum yang serupa tidak dipergunakan dan dilarang untuk beroperasi.

Pada puncaknya yakni pada tahun 2030, seluruh kendaraan yang beroperasi di Amsterdam menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik.

Sebagai upaya mendorong penduduk setempat beralih kepada kendaraan listrik dan hidrogen, Amsterdam menawarkan stasiun pengisian daya kepada setiap pembeli kendaraan nol emisi. Diperkirakan, kota membutuhkan antara 16 ribu dan 25 ribu stasiun pengisian pada 2025 agar proyek ini bisa berjalan lancar.

Kebijakan ini, menurut pemerintah setempat menjadi program yang ambisius Amsterdam, sekaligus menjadi tantangan bagi produsen kendaraan dalam menghadirkan kendaraan listrik yang terjangkau.

Selain Amsterdam, beberapa kota di negara Eropa juga mulai menerapkan kebijakan serupa. Salah satunya kota Hamburg, Jerman. SABIQ

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *