94 Pengungsi Rohingya yang Terombang-Ambing di Laut Diselamatkan di Aceh

94 Pengungsi Rohingya yang Terombang-Ambing di Laut Diselamatkan di Aceh 1

ACEH – Indonesia menyelamatkan 94 pengungsi Rohingya, termasuk 79 perempuan dan anak-anak, di provinsi Aceh setelah para pejabat mengatakan mereka berencana untuk menngembalikan mereka ke laut. Negara-negara di sekitar Asia Tenggara tidak mau menerima pengungsi Rohingya ini ditengah wabah pandemi Covid-19 namun nelayan Aceh mengatakan kepada Reuters bahwa menyelamatkan Rohingya adalah tugas moral.

“Itu tidak lebih dari rasa kemanusiaan dan bagian dari tradisi kami di komunitas nelayan Aceh utara,” kata nelayan lokal Hamdani Yacob di Aceh utara mengutip Reuters.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap bahwa para pengungsi akan dirawat di desa kami.” lanjutnya.

Pihak berwenang di Aceh mengkonfirmasi bahwa para pengungsi telah dibawa ke darat pada hari Kamis (25/6) dan menyediakan perumahan sementara. Para nelayan telah menyelamatkan mereka pada awal minggu dan mereka berlabuh di lepas pantai, tetapi para pejabat mengatakan mereka berencana untuk mengembalikan mereka kembali ke laut dengan perahu, bensin dan memberikan mereka makanan baru.

Namun pemerintah setempat menyerah setelah mendapat protes dari nelayan setempat.

“Jika pemerintah tidak mampu (menolong), kami masyarakat akan membantu mereka, karena kami adalah manusia dan mereka (para pengungsi Rohingya) adalah manusia juga dan kami memiliki hati,” kata Syaiful Amri, salah satu nelayan yang melayangkan protes tersebut.

Pengungsi Rohingya diketahui sudah berbulan-bulan melarikan diri dari penganiayaan yang diterima mereka di Myanmar. Mereka naik kapal untuk mendatangi negara-negara di Asia tenggara termasuk Malaysia, Thailand dan Indonesia untuk mencari suaka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *