Ahli Temukan Uap Air di Ganymede Untuk Pertama Kalinya

  • Whatsapp
Ahli temukan uap air di Ganymede (NET)
Ahli temukan uap air di Ganymede (NET)

JAKARTA – Untuk pertama kalinya para ahli menemukan bukti uap air di Ganymede, satelit terbesar Jupiter yang diameternya bahkan lebih besar dari Planet Merkurius.

Menurut Nature Astronomy, uap air ini diduga berbentuk es di permukaan satelit dan menyublim (perubahan benda padat ke uap) hingga terlihat dari teleskop Hubble dan mulai dianalisa oleh NASA pasa hari Senin (26/7).

Ganymede, satelit alami terbesar di Tata Surya ini merupakan satelit yang tertutup es dengan atmosfer tipis. Para ahli meyakini jika Ganymede memiliki lautan air 161 kilometer di bawah permukaan yang bisa saja memiliki kehidupan.

Temperatur di satelit ini sangat dingin hingga air yang berada di permukaan berwujud padat atau es.

Dari hasil analisa teleskop Hubble selama 2 dekade terakhir uap air yang terlihat ini diduga berasal dari permukaan satelit.

Pada tahun 2021 lalu para ilmuwan mengamati asatelit ini menggunakan teleskop Hubble, hasilnya ditemukan bahwa Ganymede memiliki partikel listrik yang serupa dengan aurora di Bumi, hal ini membuktikan jika Ganymede mempunyai medan magnet walau sangat lemah.

Selain itu, ilmuwan juga mengamati lebih detail gambar-gambar hasil tangkapan dari teleskop Hubble, dari sini ditemukan bahwa suhu temperatur di Ganymede akan naik signifikan pada siang hari dan mulai menghangat pada sore hari sebagai efek dari es di permukaan satelit yang menyublim di siang hari.

Penelitian ini dinilai sangat berharga bagi pera ilmuwan, sebab ini bisa menjadi langkah untuk mempelajari Planet Jupiter lebih dekat tentang awal mula sampai potensi perkembangan planet ini menjadi lingkungan yang dapat di huni oleh makhluk hidup.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *