Kemenkes Rencanakan Akses PeduliLindungi Dari 11 Aplikasi Lain, Mulai Dari Gojek hingga Tokopedia

  • Whatsapp
Akses PeduliLindungi dari 11 aplikasi lain (net)
Akses PeduliLindungi dari 11 aplikasi lain (net)

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki rencana untuk membuka akses agar para pengguna tidak lagi memasang atau menginstal aplikasi PeduliLindungi secara terpisah.

Nantinya fitur PeduliLindungi ini bisa diakses melalui 11 aplikasi lain mulai Oktober mendatang.

Menurut penuturan Chief Digital Transformatin Office Kemenkes, Setiaji, 11 aplikasi yang nantinya bisa mnegkases fitur PeduliLindungi adalah aplikasi berikut seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Tiket.com, DANA, Livin’ by Mandiri, Traveloka, Cinema XXI, GOERS, JAKI dan Link Aja!

Hal ini diungkapkan oleh Setiaji dalam diskusi RCEE Working Group yang disiarkan melalui akun Youtube BNPB Indonesia pada hari Jumat, 24 September 2021 lalu.

Dalam kesempatan tersebut Setiaji menybut pihkanya telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan beberapa aplikasi agar fitur-fitur di PeduliLindungi bisa digunakan pada aplikasi-aplikasi tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi, berkolaborasi dengan platform-platform digital seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, bahkan pemerintah DKI [dengan JAKI], jadi tidak harus menggunakan PeduliLindungi, tapi anda bisa mendapatkan fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi,” katanya.

“Ini akan kita launching di Oktober,” lanjutnya.

Setiaji menegaskan hal ini diambil untuk menanggapi banyaknya keluhan masyarakat yang tidak bisa memasang aplikasi PeduliLindungi di ponselnya.

“Nah ini menjawab tadi kalau ada orang punya handphone terus aplikasi enggak mau instal PeduliLindungi, nah bisa menggunakan ini,” jelas. Setiaji.

Tak hanya itu, dijelaskan juga nantinya masyarakat yang tidak memiliki ponsel pintar yang akan melakukan perjalanan udara maupun darat tetap bisa mengidentifikasi sertifikat vaksin dan hasil web PCR dari nomor NIK ketika membeli tiket perjalanan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *