Catat! Ini Daftar Varian Virus Covid-19 yang Harus Diwaspadai

  • Whatsapp
Daftar varian virus covid-19 yang harus diwaspadai (NET)
Daftar varian virus covid-19 yang harus diwaspadai (NET)

JAKARTA – Varian virus Covid-19 sudah beredar hampir di seluruh dunia selama masa pandemi ini. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setidaknya ada 4 varian yang masuk dalam daftar variant of concern (VOC) atau varian virus Covid-19 yang harus diwaspadai, berikut ulasannya.

1. Varian Alpha

WHO menetapkan nama Alpha untuk varian virus Covid-19  yang pertama kali ditetapkan pada bulan September 2020 di Inggris dan masuk dalam kategori VoC.

Bacaan Lainnya

Menurut Washington Post, para ahli mengungkapkan bahwa varian B.1.1.7 ini memiliki resiko menular dan mematikan dari versi virus Covid-19 yang ditemukan pertama kali di Wuhan.

2. Varian Beta

Varian Beta ini merupakan nama untuk varian B.1.351 yang ditemukan pertama kali pada bulan Mei 2020 di Afrika Selatan. Menurut ThermoFisher Scientific, varian B.1.351 atau 501Y.V2 ini memiliki garis keturunan kyang sama dengan varian B.1.1.7 di Inggris, hanya saja kedua varian ini berbeda secara filogenetik dan muncul secara independen.

3. Varian Gamma

Varian Gamma ini diberikan oleh WHO untuk varian p.1. yang berhasil dicatat WHO pada bulan November 2020 lalu di Brasil.

4. Varian Delta

Varian Delta ini diberikan WHO untuk penamaan B.1.617.2. yang ditemukan pertama kali pada bulan Oktober 2-2020 lalu di India.

Penelitian terbabru menunjukan bahwa kemungkinan varian tersebut merupakan varian yang paling mudah menular dan telah menyebar setidaknya di 62 negara di seluruh dunia.

Di atas merupakan 4 varian virua Covid-19 yang harus dihindari, tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *