Es Greenland Kembali Mencair, Ancaman Banjir Global Kembali Berdengung

  • Whatsapp
Es Greenland kembali mencair (net)
Es Greenland kembali mencair (net)

GREENLAND – Pemanasan global menjadi salah satu penyebab mencairnya es di Greenland, pencairan ini memicu meningkatnya resiko banjir global di seluruh dunia.

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh peneliti University of Leeds pada 1 dekade terakhir ditemukan bahwa sebanyak 3,5 triliun ton es mencair pada periode tersebut dari permukaan pulau dan mengalir ke laut.

Es yang mencair dengan jumlah ini cukup mengkhawatirkan sebab cukup untuk menggenangi seluruh daratan Inggris setinggi 13 meter.

Pada penelitian tersebut untuk pertama kalinya peneliti menggunakan data dari satelit untuk mendeteksi fenomena mencairnya es dari luar angkasa dengan mengamati lapisan-lapisan es.

Salah satu peneliti di Pusat Pengamatan Kutub Leeds, Thomas Slater mengungkapkan Greenland memang sangat rentan terhadap perubahan cuaca ekstrem.

“Seperti yang telah kita lihat dengan bagian lain dunia, Greenland juga rentan terhadap peningkatan peristiwa cuaca ekstrem,” kata Slater seperti dikutip Science Direct.

Selain itu, penelitian lain juga menunjukan jika selama satu dekade terakhir pada tahun 2011 sampai 2020, melelehnya es di Greenland menjadi alasan naiknya air permukaan laut secara global setinggi 1 cm.

Naiknya permukaan air laut ini tentu akan berpengaruh pada kehidupan di pesisir pantai seluruh dunia dan terancam mengganggu ekosistem laut di Samudra Arktik.

Slater menyebutkan walau resiko banjir global masih menghantui namun kita masih memiliki harapan untuk mengurangi emisi udara hingga mengurangi penyusutan es di Greenland sampai 3 kali lipat.

“Masih ada waktu untuk mencapainya (mengrangi emisi),” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *