Akibat Fenomena Titik Balik Matahari, Siang Hari Akan Lebih Panjang di Wilayah Utara

  • Whatsapp
Fenomena titik balik matahari (NET)
Fenomena titik balik matahari (NET)

JAKARTA – Hari ini 21 Juni 2021 terjadi fenomena Soltis Utara atau Titik Balik Matahari Utara yang menyebabkan matahari tidak tenggelam di kawasan Bumi utara seperti Arktik, Kutub Utara hingga wilayah ini tidak mengenal malam hari.

Untuk mereka yang tinggal di belahan Bumi utara lainnya seperti Eropa dan Amerika Utara, fenomena ini membuat siang hari di wilayah tersebut terasa lebih panjang.

Lamanya waktu siang hari yang dialami beberapa negara di belahan bumi utara ini berbeda-beda, tergantung dengan korrdinat keberadaan wilayah itu sendiri. Semakin dekat dengan kutub utara maka siang hari yang dirasakan akan lebih lama.

Bahkan, di Kutub Utara sendiri matahari tidak pernah tenggelam saat terjadi fenomena ini, di beberapa negara lain, mereka bisa merasakan siang hari lebih dari 14 jam lebih. Seperti St. Petersburg Rusia, mereka akan mengalami siang hari selama 19 jam karena Matahari akan terbit pada 3:35 pagi dan tenggelam sekitar pukul 9 malam.

Peristiwa ini sekaligus menjadi penan masuknya awal musim panas di bagian Bumi Utara dan awal musim dingin di belahan Bumi Selatan.

Bagi mereka yang tinggal di Bumi bagian selatan seperti Australia, siang hari akan terasa lebih pendek  saat terjadinya fenomena ini. Siang hari terpanjang juga akan dirasakan mereka yang tinggal di wilayah selatan Bumi, 6 bulan kemudian saat gerak semu tahunan matahari telah mencapai puncaknya pada tanggal 21 Desember mendatang.

Sementara untuk wilayah yang berada di garis khatulistiwa akan merasakan sesuai dengan lokasi mereka masing-masing. Misalnya wdaerah Jawa yang lebih condong ke daerah selatan maka akan merasakan hari terpanjang mereka pada bulan Desember mendatang.

Biasanya saat ini terjadi matahari akan terbit sebelum pukul 06:00 WIB dan tenggelam setelah pukul 18:00 WIB.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *