Gerindra: SDI solusi Bansos Tepat Sasaran!

Gerindra: SDI solusi Bansos Tepat Sasaran!

JAKARTA – Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad ingatkan Bappenas agar serius mengurusi perapihan program Satu Data Indonesia (SDI). Program SDI bertujuan agar tidak terjadi tumpang tindih sehingga data pemerintah akurat.

“Sesuai dengan mandat Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019, Menteri PPN/Kepala Bappenas ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pengarah Satu Data Indonesia (SDI). Namun sayangnya, saya lihat jalannya masih kurang cepat. Banyak tumpang tindih atau data pemerintah tidak akurat, disebabkan oleh masih adanya masalah dalam perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan, dan penyebarluasan data.” Katanya melalui keterangan tertulis Saluran8.com

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Kamrussamad dalam Rapat Kerja DPR Komisi XI bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas di kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

“Di 2021, kita lihat betapa carut marutnya data penerima bansos. Sekalipun ada datanya, tapi tidak akurat dan tumpang tindih. Akhirnya banyak yang tidak tepat sasaran, Baru-baru ini, bahkan Presiden Jokowi menyatakan kekesalannya karena masih ada tumpang tindih dalam penyelesaian sertifikat tanah.” Tegasnya.

“Karena itu, Bappenas harus serius mengurus Satu Data yang akurat dan reliable, agar data penerima Bansos kedepannya, bahkan data-data lainnya bisa diandalkan, tidak meleset, Saat ini, semua kebijakan harusnya berbasis data yang dapat diandalkan.”terangnya.

“Selain aspek teknis pengumpulan data, koordinasi antarinstitusi pemilik data, yang penting diatasi juga ego sektoral antar instansi.” Tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.