Gerindra Sumbar Gandeng Akademi Untuk Jaring Calon Pemimpin Berkualitas

Gerindra Sumbar Gandeng Akademi Untuk Jaring Calon Pemimpin Berkualitas
Gerindra Sumbar Gandeng Akademi Untuk Jaring Calon Pemimpin Berkualitas

SALURAN8.COM, Padang – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggandeng akademisi, praktisi, dan politisi dalam proses penjaringan calon kepala daerah guna mendapatkan pemimpin berkualitas untuk Pilkada Serentak 2024.

“Ada 10 orang asesor yang ahli di bidangnya masing-masing kami libatkan dalam menyaring dan menjaring calon kepala daerah yang nantinya menjadi pertimbangan untuk maju pada Pilkada Serentak,” kata Hidayat, Sekretaris Tim Panitia Seleksi Pilkada DPD Gerindra Sumbar, di Padang, Senin.

Hidayat, yang juga anggota DPRD Provinsi Sumbar, menjelaskan bahwa pelibatan 10 asesor ini bertujuan untuk menggali lebih dalam pemahaman serta kemampuan para calon yang akan diusung. “Jadi, kita ingin mengetahui sejauh mana kemampuan calon kepala daerah ini mengidentifikasi persoalan di daerah, termasuk tawaran atau solusi yang diberikannya,” ujarnya.

Asesor yang dilibatkan termasuk Prof Busyra Azheri, pakar hukum tata negara dari Universitas Andalas (Unand), Feri Alius, mantan Dekan Fakultas Pertanian Unand, dan Eka Marianti, Ketua Program Studi Pariwisata Universitas Dharma Andalas. Rahmat Hidayat, dosen di perguruan tinggi di Kota Padang yang fokus pada pembangunan sumber daya manusia dan kesehatan, juga turut serta. Selain itu, Gerindra juga mengerahkan beberapa kadernya untuk mendalami pemahaman calon yang bakal diajukan ke tingkat DPP Gerindra.

Untuk menggali lebih jauh kemampuan calon kepala daerah di bidang pendidikan, partai tersebut menggandeng mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Burhasman Bur.

Sejak pembukaan pendaftaran calon kepala daerah pada 6 hingga 20 Mei 2024, tercatat 88 orang telah mendaftar. Dari jumlah tersebut, empat mendaftar sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur, sedangkan sisanya sebagai calon bupati dan wali kota.

KPU menetapkan beberapa tahapan penting dalam Pilkada 2024, di antaranya pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan pada 5 Mei hingga 19 Agustus, pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih dari 31 Mei hingga 23 September, serta pendaftaran pasangan calon pada 27-29 Agustus. Penetapan pasangan calon akan dilakukan pada 22 September, diikuti oleh kampanye dari 25 September hingga 23 November. Pelaksanaan pemungutan suara akan berlangsung pada 27 November, dengan penghitungan dan rekapitulasi hasil suara pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *