Gus Ipul sebut pilpres sekali putaran dapat hemat anggaran

Gus Ipul sebut pilpres sekali putaran dapat hemat anggaran

SALURAN8.COM – DKI Jakarta –

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul tiada mempermasalahkan wacana Pilpres 2024 berlangsung satu putaran karena hal itu mampu menghemat anggaran negara.

Bacaan Lainnya

Gus Ipul juga mengumumkan pilpres sekali putaran dapat membantu kekhusyukan beribadah bagi umat Islam yang mana nantinya pada Ramadan 1445 Hijriah tidak akan diwarnai kampanye politik.

"Kita bisa hemat anggaran. Pas puasa nanti, kita bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk, tidaklah disibukkan dengan kampanye dan juga hiruk-pikuk lainnya," kata Gus Ipul dalam keterangan tercatat yang tersebut diterima di area Jakarta, Rabu.

Menurut Gus Ipul, tidaklah ada yang digunakan salah dengan wacana pilpres sekali putaran. Dia menuturkan apabila pilpres satu putaran memang benar terjadi, maka hal itu akan menjadi lebih lanjut baik.

Dia juga menyoroti survei terbaru dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA bahwa persentase elektabilitas salah satu pasangan calon presiden kemudian duta presiden ada yang digunakan sudah menembus hitungan 50 persen. Dengan demikian, lanjut Gus Ipul, wacana pilpres satu putaran bisa jadi terwujud.

Selain merespons wacana pilpres sekali putaran, Gus Ipul turut mengajukan permohonan terhadap warga Nahdliyin untuk berbondong-bondong datang ke tempat pemungutan pendapat (TPS) pada 14 Februari nanti untuk menggunakan hak pilihnya.

Untuk diketahui, LSI Denny JA pada hasil survei terbarunya menunjukkan elektabilitas pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 50,7 persen.

Kemudian, di survei serupa, elektabilitas pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mencapai 22 persen dan juga Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 19,7 persen. Suara tiada sah pada survei yang mana menggunakan 1.200 responden itu beberapa jumlah 0,7 persen dan tak menjawab 6,9 persen.

Metode survei yang disebutkan dilaksanakan dengan wawancara tatap muka lalu tingkat margin of error kurang tambahan 2,9 persen.

KPU RI menetapkan tiga pasangan calon sebagai kontestan pemilihan raya 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2, dan juga Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga menetapkan masa kampanye berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, dihadiri oleh masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Pemungutan pengumuman presiden-wakil presiden juga anggota legislatif berlangsung serentak di area seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *