Hasil Survei indEX, Elektabilitas Prabowo Subianto Istiqomah Diatas Angin

Tak Tergoyahkan Sepanjang Tahun, Elaktabilitas Prabowo Subianto Selalu Terdepan

JAKARTA – Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research meliris hasil survei sejumlah tokoh yang digadang-gadangkan bertarung pada Pilpres 2024 mendatang. Dari hasil survei tersebut, elaktabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto konsisten berada dipuncak sejumlah tokoh nasional.

Direktur Eksekutif Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research Vivin Sri Wahyuni mengungkapkan elektabilitas Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menempati posisi teratas dengan elektabilitas mencapai 22,0 persen.

Bacaan Lainnya

“Prabowo masih unggul dalam bursa capres pada tahun 2024, sementara Anies menggeser Ganjar dan menduduki peringkat kedua,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Saluran8.com, Jumat (15/7/2022)

Vivin menjabarkan dari temuan survei menunjukkan posisi pertama masih diduduki Prabowo Subianto. Ketua Umum Partai Gerindra dibayang-bayangi oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dengan nilai 17,6 persen. Di posisi kedua Anies berhasil menggeser Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan raihan 17,1 persen.

“Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada koalisi partai-partai yang terbentuk untuk dapat mengamankan tiket pencapresan Anies,” ucap Vivin.

Vivin juga menyoroti posisi Prabowo yang masih berada di atas angin, mengingat tingginya elektabilitas Prabowo. Mantan Danjen Kopassus itu tampak masih sabar untuk mencari pendamping yang tepat sehingga Gerindra belum terburu-buru membangun koalisi.

“Sejauh ini Gerindra dekat dengan PDI Perjuangan, selain itu Gerindra juga tengah melakukan penjajakan dengan PKB,” jelasnya.

Situasi berbeda dialami Ganjar, pada Rakernas PDI Perjuangan baru-baru ini memastikan penentuan tiket capres berada di tangan ketua umum. Nama Ganjar sebetulnya masuk dalam usulan Rakernas NasDem maupun potensial didukung oleh Koalisi Indonesia Bersatu.

“Hanya saja faktor Ganjar sebagai kader PDI Perjuangan masih menjadi ganjalan, baik di internal PDI Perjuangan maupun partai-partai lain,” kata Vivin.

Praktis, di antara tiga tokoh tersebut, hanya Prabowo yang paling siap dan paling tinggi elektabilitasnya.

Survei Index Research dilakukan pada tanggal 1—7 Juli 2022 terhadap 1.200 orang mewakili semua provinsi. Sampel dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling), diwawancara secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan. Margin of error survei sebesar 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *