Inggris Khawatir Dengan Aktivitas Luar Angkasa Rusia yang Dinilai Dapat Memicu Konflik

Inggris khawatir dengan aktivitas luar angka Rusia yang dinilai dapat memicu konflik (net)
Inggris khawatir dengan aktivitas luar angka Rusia yang dinilai dapat memicu konflik (net)

LONDON – Baru-baru ini Rusia melakukan uji satelit yang mereka luncurkan ke luar angkasa, hal tersebut membuat pihak Inggris khawatir karena dalam peluncuran satelit ini Rusia melibatkan sejumlah proyektil dengan karakteristik senjata.

Inggris meminta agar Rusia bertanggung jawab atas aksinya tersebut dan diharapkan menjauhkan segala aktivitas yang dinilai bisa memicu terjadinya konflik.

Bacaan Lainnya

Pada Kamis (23/7) Kepala Direktorat Antariksa Inggris Harvey Smith mengkritik perilaku rusia di luar angkasa.

“Kami prihatin dengan cara Rusia menguji salah satu satelitnya dengan meluncurkan proyektil dengan karakteristik senjata,” kata Harvey dalam sebuah pernyataan.

“Tindakan semacam ini mengancam penggunaan ruang angkasa secara damai… kami mengimbau Rusia untuk menghindari pengujian lebih lanjut.” lanjutnya.

Untuk diketahui, Kementerian Pertahanan Rusia menguji satelit baru, yang melakukan pemeriksaan pada peralatan ruang angkasa Rusia, pada Rabu 15 Juli 2020 lalu.

“Selama pengujian teknologi ruang angkasa terbaru, salah satu satelit domestik diperiksa dari dekat menggunakan peralatan khusus pesawat ruang angkasa kecil,” kata kantor berita Interfax mengutip pernyataan Kementerian Pertahanan pada saat itu seperti yang dilaporkan Reuters.

“Akibatnya, Kementerian Pertahanan Rusia telah menerima informasi berharga tentang kondisi teknis objek yang sedang diselidiki dan mengirimkannya ke fasilitas kontrol darat.” lanjutnya.

Sementara itu, ketegangan antara Inggris dan Rusia memang memanas sejak beberapa waktu lalu, Inggris mengatakan para ‘aktor’ Rusia mencoba mencampuri urusan dalam pemilihan tahun lalu serta meretas penelitian vaksin yang sedang dilakukan Inggris.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *