Jadi Menteri Pertahanan, Berikut Sederet Prestasi Prabowo Subianto Dalam Bidang Militer

  • Whatsapp
Prabowo Subianto jadi menteri pertahanan, berikut prestasi beliau dalam bidang militer (net)
Prabowo Subianto jadi menteri pertahanan, berikut prestasi beliau dalam bidang militer (net)

JAKARTA – Prabowo Subianto jadi Menteri Pertahanan untuk Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya sebenarnya prestasi apa yang telah ditorehkan Prabowo Subianto hingga ia diangkat sebagai Menteri Pertahanan?

Sebenarnya, prestasi Prabowo Subianto bisa dibilang cukup banyak, baik di dalam maupun di luar negeri. Namun, kali ini Saluran8 akan fokus untuk mengangkat prestasi Prabowo Subianto dalam bidang militer.

Bacaan Lainnya

Pemilik nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo itu,  saat masih mengenyam bangku pendidikan sempat disarankan untuk meneruskan pendidikannya di luar negeri. Ia bahkan telah diterima di George Washington University dan University of Colorado, Amerika Serikat. Tapi akhirnya ia lebih memilih untuk mengabdi kepada bangsa dengan masuk Akademi Militer tahun 1970 lalu.

Empat tahun di Akademi Militer, Prabowo Subianto akhirnya lulus dengan pangkat Letnan II pada tahun 1974. Karena prestasinya yang cemerlang, Prabowo akhirnya di angkat menjadi Komandan Pleton group 1 Kopassandha (Komando Pasukan Sandi Yudha) dan ikut dalam operasi Timor-timur yang saat itu masih menjadi salah satu provinsi bagian NKRI.

Setelah itu, karir Prabowo Subianto dalam dunia militer semakin cemerlang. Pada tahun 1995 Prabowo Subianto akhirnya diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus (Danjen Kopassus).

Nama Kopassus sendiri semakin harum di mata dunia selama pria yang kini berusia 61 tahun itu memimpin, Ia berhasil melakukan misi penyelamatan sandera yang dilakukan oleh OPM (Operasi Papua Merdeka) yang menginginkan agar para sandera dapat ditukar dengan kemerdekaan Papua.

Sumber: Net

Dalam operasi ini 2 diantara 11 sandera meninggal dunia akibat kekejaman para pelaku saat itu. Prabowo Subianto yang memimpin langsung penyelamatan ini diketahui lebih memilih naik helikopter bersama para prajurit, padahal  sudah disiapkan satu helikopter khusus untuk beliau karena pada saat itu, selain ia merupakan Komandan Pleton Kopassus, Prabowo Subianto juga berstatus sebagai menantu Presiden kedua RI, Soeharto.

Tak sampai disitu, ada cerita menarik lainnya dalam kepemimpinan Prabowo Subianto saat menjadi Danjen Kopassus. Dua hari setelah dilantik, beliau langsung berangkat ke Kartasura, Kab. Sukoharjo dimana tempat ini merupakan markas Kopassus. Ia datang tanpa pemberitahuan terlebih dulu, alias Sidak!

“Saya datang untuk pastikan mereka telah menerima seluruh hak mereka, termasuk uang lauk pauk, tunjangan gizi, insentif dan parako telah mereka terima tepat waktu dan tanpa potongan apapun,” cerita Prabowo.

Tak hanya sekadar berkunjung, ia juga menyicipi sendiri makanan dan memastikan standar yang layak untuk dimakan perwira. Nyatanya, masih ada beberapa makanan yang jauh dari kata layak bahkan, nasi yang ia cicipi bercampur dengan kerikil.

Melihat hal ini, tanpa aba-aba Prabowo Subianto langsung memerintahkan Kepala Perwira untuk membeli makanan paling enak di Solo.

“Saya juga datangi barak prajurit dan cicipi makanan barak Ternyata, pada waktu itu, nasi yang dimakan oleh prajurit masih ada kerikil dan kutu. Sayur yang dihidangkan masih ada ulatnya. Mengetahui hal ini, saya langsung minta Kepala Perwira untuk beli makanan paling enak di kota Solo, lengkap dengan kue, jagung, singkong dan kacang-kacangan untuk seluruh prajurit. Saya juga terus pastikan makanan prajurit selalu berkualitas baik.” lanjut Prabowo Subianto.

Nah, itu tadi merupakan sedikit dari prestasi yang ditorehkan oleh Prabowo Subianto semoga dengan terpilihnya beliau sebagai Menteri Pertahanan, kualitas dan kesejahteraan para prajurit dan perwira TNI akan terus bertambah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *