Jelang Pilpres 2024, JSPI: Elaktabilitas Prabowo Subianto Melesat

  • Whatsapp
Prabowo Subianto Melesat

JAKARTA – Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melesat hingga mencapai 24,5 persen. Hal tersebut berdasarkan hasil survei elektabilitas tokoh nasional jelang Pilpres 2024 yang dirilis oleh Jaringan Survei Publik Indonesia (JSPI).

Manajer Riset JSPI Yuyun Andriani mengatakan dalam temuan survei bertajuk Temuan Survei Nasional: Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024. Sebagian besar responden memutuskan akan memilih Prabowo Subianto sebagai Presiden di 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Mayoritas mereka memilih Prabowo Subianto dengan persentase 24,5%,” kata Manajer Riset JSPI Yuyun Andriani dalam rilis hasil survei tersebut secara virtual, Kamis (13/1/2022).

Yuyun menerangkan Adapun tokoh lain selain Prabowo Subianto ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 13,9%, kemudian ada juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 13,4% dan yang terakhir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 9,1%.

Dalam kesempatan yang sama. JSPI mencoba melakukan simulasi dengan sejumlah tokoh yang berpotensi terlibat di Pilpres 2024 seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, hingga Airlangga Hartarto.

Para responden ditanya seberapa besar potensi mereka memilih salah satu dari tokoh tersebut jika maju dalam Pilpres 2024.

“Posisi tertinggi masih Prabowo sebesar 28,5%, kemudian Ganjar sebesar 15,1%, Anies 13,9%, Ridwan Kamil 13,2%, Sandiaga Uno 9,8% dan Airlangga 9,6%,” pungkasnya.

Untuk diketahui, survei ini diselenggarakan pada 9 – 21 Desember 2021 lalu di 34 Provinsi di seluruh Indonesia dengan melibatkan 1.520 responden yang masuk dalam kategori pemilik hak suara (the real voter) berusia 17 tahuh ke atas atau sudah menikah.

Survei ini juga dilakukan melalui tatap muka langsung dengan menggunakan metodologi multistage random sampling yang memiliki margin of error (MoE) 2,5%.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *