Kasus Covid-19 Meningkat, Nilai Tukar Rupiah Melemah terhadap Dollar AS

  • Whatsapp
Kasus Covid-19 Meningkat, Nilai Tukar Rupiah Melemah terhadap Dollar AS

JAKARTA – Perkembangan kasus Covid-19 meningkat di Indonesia. Kondisi tersebut berpengaruh pada nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Melansir dari Bloomberg, nilai tukar Rupah kian melemah pada perdagangan pagi ini. yakni berada di level Rp14.250 per USD.

Bacaan Lainnya

Pada Rabu (16/6/2021), Rupiah dibuka melemah 25 poin atau 0,18% ke level Rp14.250 per USD. Adapun pergerakan Rupiah pada hari ini diperkirakan Rp14.235 sampai Rp14.250 per USD.

Sementara itu, di Yahoo Finance, Rupiah bergerak pada level Rp14.241 per USD. Dengan perkiraan pergerakan hari ini di level Rp14.241-Rp14.241 per USD

Pengamat Pasar Keuangan Ariston Tjendra mengatakan, pasar mewaspadai kemungkinan Bank Sentral AS akan memulai diskusi soal pengurangan pembelian obligasi AS sebagai salah satu bentuk pengetatan moneter karena tingkat inflasi yang meningkat tajam di AS.

“Hal ini mendorong penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya,” kata Ariston.

Selain itu, kenaikan kasus covid-19 yang telah memicu siaga 1 di sejumlah wilayah di Tanah Air juga memberikan tekanan ke rupiah. Pengetatan aktivitas ekonomi karena peningkatan kasus ini bisa menghambat pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung.

Di sisi lain, surplus neraca perdagangan Indonesia yang sesuai ekspektasi, bisa membantu menahan pelemahan Rupiah.

“Potensi pelemahan ke kisaran Rp14.270, dengan potensi support di kisaran Rp14.200,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *