Kemenparekkaf Optimis Sinergitas dan Kolaborasi Bersama PNM Mekar Cirebon Tingkatkan Perekonomian

  • Whatsapp
Kemenparekkaf Optimis Sinergitas dan Kolaborasi Bersama PNM Mekar Cirebon Tingkatkan Perekonomian dan Lapangan Kerja

CIREBON – Kemenparekkaf optimis sinergitas dan kolaborasi bersama PNM Mekar Cirebon dapat mendorong peningkatan ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan. Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat berkunjung dan beraudiensi dengan pengurus dan nasabah PNM Mekar Cirebon, Kamis (9/9/2021).

“Kita sinergikan pemasaran. Karena beberapa produk ekonomi kreatif disini bisa mendunia. Seperti di tempat-tempat lain setiap saya berkunjung ke PNM Mekar. Saya sudah lapor ke Erick Thohir. Ini luar biasa pemberdayaan masyarakat terutama keluarga yang dikomandoi emak-emak,” Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno kepada Saluran8.com, Kamis (9/9/2021).

Bacaan Lainnya

Sandiaga menuturkan PNM Mekar ini sudah 10,7 juta nasabahnya di Indonesia dan menjadi bagian dari sistem ekonomi rakyat di Indonesia.

“Kolaborasi untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya Dan kami lihat produk ekonomi kreatif semua memiliki kualitas. Yang bisa kita berikan nilai tambah melalui pendamping dan pemasaran,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Sandiaga Uno meminta para turis ataupun tamu yang datang ke tempat pariwisata untuk belanja produk ekonomi kreatif di tempat pariwisata.

“Harus jadi Rombongan Jadi Beli (Rojali), dan kalau beli harus Rogana (Rombongan Gak Boleh Nawar) karena membuat produk ekonomi kreatif itu sulit,” lanjutnya.

Kedepannya Sandiaga Uno mengaku akan terus bersinergi untuk akses pembiayaan baik dari keuangan maupun pendamping dan juga desa wisata. Kita kedepannya ingin menjadi mitra PNM.

“Jadi ada 190 ribu lebih nasabah Mekar dan Ulam. Secara agregat hampir setengah triliun atau Rp 500 Miliar. Setelah spot check bisnis mereka mengalami penurunan karena PPKM menghambat mobilitas. Sebagian sudah bisa beradaptasi dengan digitalisasi, sebagian lagi perlu kita bantu,” urainya.

Kemenparekraf kata Sandiaga Uno telah berupa menggerakkan sektor ekonomi kreatif dengan meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sehingga produksi seperti Batik dan anyaman sebagai produk unggulan dapat kembali terangkat.

“Disinilah kita berkolaborasi dengan PNM, agar nasabah mekar naik menjadi nasabah Ulam dan segera menjadi nasabah Ulam dapat membuka lapangan kerja. Hasil PPKM yang baik ini tidak diikuti euforia yang dapat menularkan kasus baru,” bebernya.

Menurut Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta menyebutkan kunci dari kebangkitan ekonomi Indonesia adalah dengan menjaga kesehatan dan protokol kesehatan terlebih dahulu barulah akan dibarengi dengan pemilihan ekonomi.

“Cara ekonomi kita supaya pulih adalah sehat. Cara sehat adalah dengan vaksinasi dan protokol kesehatan. Setelah dua Minggu ada pelonggaran, ada peningkatan dari perdagangan produk ekonomi kreatif dan pariwisata meskipun belum signifikan. Namun ini harus dibarengi dengan protokol kesehatan,” tutupnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *