Kemenparekraf Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis Keberlanjutan Lingkungan

Kemenparekraf Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis Keberlanjutan Lingkungan

JAKARTA – Kemenparekraf dorong pelaku ekonomi kreatif berinovasi produk-produk berbasis keberlanjutan lingkungan. Dorongan tersebut juga diharapkan untuk membangkitkan pariwisata dan lingkungan.

“Ekonomi kita mulai menggeliat di kuartal ini, kami melihat sisi yang paling sulit, yang paling tertekan itu pariwisata tapi juga yang punya peluang, yaitu ekonomi kreatif,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Bacaan Lainnya

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan bahwa lingkungan berkelanjutan (sustainability) dalam produk ekonomi kreatif memiliki peluang menjanjikan. Peluang itu harus dimanfaatkan para pelaku usaha di sektor ini.

“Kita mendorong agar pelaku usaha itu beradaptasi dan berinovasi. Salah satu yang jadi tren, yang saya sebut unstoppable tren itu adalah tren terhadap sustainability, keberlanjutan lingkungan,” jelasnya.

Sandiaga mengapresiasi peluncuran produk Bio Sneakers oleh Kadin. Pembuatan sepatu dengan bahan baku alami ide yang brilian.

“Menggabungkan ekonomi kreatif dengan salah satu tren keberlanjutan lingkungan ini merupakan hal yang brilian. Jadi, konsep alas kaki dengan bahan baku alami berkelanjutan istilahnya ini sepatu kalau ditanam di tanah, satu tahun sudah bisa terurai,” lanjutnya.

“Mari kita lakukan gerakan all out untuk bantu UMKM kita, memastikan ekonomi ke depan lebih berkelanjutan, lebih berkeadilan, program dunia usaha dan program pemerintah nyambung sehingga pelaku usaha yang butuh support bisa dieksekusi, enggak pakai lama, enggak pakai ribet, enggak pakai mumet,”tutupnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *