KSAD Resmikan Dua Satuan Baru di Kodam Udayana

KSAD Resmikan Dua Satuan Baru di Kodam Udayana

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman resmikan dua satuan baru di wilayah Kodam IX/Udayana. Kedua satuan tersebut adalah Batalyon Artileri Pertahanan Udara 9/Angkasa Widya Jayanta (Yon Arhanud 9/AWJ), dan Batalyon Artileri Medan 20/155 GS/Bhadika Yudha (Yon Armed 20/155 GS/BY).

Dalam amanat Jendral Dudung yang juga Mantan Panglima Kostrad menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan kedua Batalyon tersebut. Mulai dari tahap perencanaan hingga selesai dan siap operasional serta diresmikan seperti sekarang ini.

Bacaan Lainnya

“Syukur Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua, serta bantuan dan kerja sama berbagai pihak, kini Yon Armed 20/155 GS/BY dan Yon Arhanud 9/AWJ telah terwujud, dan siap operasional menjalankan Tupok (tugas pokok) dan fungsinya,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Saluran8.com. Kamis (19/5/2022).

Menurut KSAD dengan perkembangan lingkungan strategis, serta ancaman aktual dan potensial yang ada terhadap NKRI, maka kekuatan pertahanan yang mampu melindungi wilayah negara Indonesia, mutlak diperlukan. Kasad menambahkan, keberadaan kedua satuan baru ini sangat bernilai strategis. Selain untuk menjaga wilayah perbatasan Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), keduanya juga diharapkan dapat membantu akselerasi pembangunan dan perekonomian wilayah setempat, serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

“Keberadaan satuan tempur sangat dibutuhkan di wilayah NTT ini. Berkaitan dengan tugas masing-masing dari satuan baru ini, maka harus diawaki dengan personel dengan kinerja dan integritas pribadi yang tinggi, serta kemampuan koordinasi dan sinkronisasi yang baik,” jelasnya.

Sementara kepada kedua Komandan Batalyon baru tersebut, Kasad secara khusus meminta keduanya agar bertanggung jawab penuh terhadap anggota, memiliki target kinerja secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, serta mampu mengembangkan inovasi dan kreativitas untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang dihadapi, termasuk pemenuhan personel dan materiil satuan. Sementara kepada seluruh prajurit Batalyon, KSAD mengucapkan selamat bertugas.

“Para Danyon, manfaatkan amanah jabatan dan kepercayaan ini untuk selalu berbuat terbaik bagi satuan, TNI AD, serta masyarakat. Para prajurit Batalyon, kembangkan karakter dan kepribadian sapta marga, sehingga dapat menjadi contoh yang baik, dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat,” tutupnya.

Peresmian kedua satuan baru tersebut dilaksanakan di Yon Arhanud 9/AWJ yang bermarkas di Kelurahan Camplong, Kecamatan Fatuleu, Kota Kupang, NTT. Usai memimpin langsung upacara peresmian satuan baru, Kasad melanjutkan kegiatan dengan meninjau asrama dan bangunan di satuan yang namanya bermakna “Dengan Kecerdasan Akan Membawa Kemenangan di Angkasa” ini. Selanjutnya, Kasad beserta rombongan bergerak ke Yon Armed 20/155 GS/BY yang bermarkas di Kota Oelamasi, Kupang, NTT, untuk meninjau pangkalan serta memberikan pengarahan kepada prajurit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.