KSAL Terima Penghargaan Gelar Kesatria Padma Nusantara dari Raja Bali

  • Whatsapp
KSAL Terima Penghargaan Gelar Kesatria Padma Nusantara dari Raja Bali 1

BALI – Ribuan warga Bali tumpah ruah menyambut kedatangan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono. Kedatangan Yudo untuk menerima penganugerahan warga kehormatan Puri Ageng Blahbatuh, bertempat di Puri Ageng Blahbatuh, Jalan Udayana, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Rabu (11/05) kemarin.

Dalam prosesi menerima anugerah, Laksamana Yudo Margono terlebih dahulu diarak warga menuju Puri Ageng Blahbatuh. Di Puri Ageng, Laksamana Yudo menerima pengalungan bunga oleh para tokoh adat sebagai tanda selamat datang.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Laksamana Yudo tersebut dalam rangka mengikuti tradisi sebagai warga kehormatan oleh raja-raja se-Bali yang mana hal ini disambut antusiasme warga sekitar selama perjalanan sampai menuju lokasi acara.

Sejak dahulu kala hingga saat ini Puri Ageng Blahbatuh terus menjalin ikatan yang sangat kuat dengan TNI. Panglingsir Puri Ageng Blahbatuh Anak Agung Ngurah Alit Kakarsana menyampaikan akan selalu mendukung, mendoakan, dan berharap penganugerahan gelar ini akan membawa kejayaan terhadap TNI AL. Selain itu, Penglingsir berharap Laksamana Yudo Margono dapat memimpin TNI AL dengan sebaik-baiknya dan menjaga serta mempertahankan NKRI.

Sementara itu, Laksamana Yudo mengungkapkan rasa haru, karena dikukuhkan menjadi warga kehormatan Puri Ageng Blahbatuh. pengukuhan ini saya maknai dalam berbagai perspektif, mulai dari kepercayaan, kehormatan, kebanggaan, dan tentu saja memberikan implikasi tanggung jawab kepada TNI AL dan Kasal sebagai pribadi, untuk dapat mencurahkan perhatian dan segala daya upaya bersama pemerintah daerah maupun segenap komponen untuk bahu-membahu membangun kesejahteraan masyarakat Bali.

“Tugas pokok kita Angkatan Laut dalam menyatukan nusantara dan menjaga kedaulatan nusantara ini, ya bahwa laut bukanlah pemisah, laut adalah pemersatu, sehingga menjadi tugas saya selaku pimpinan Angkatan Laut, tentunya didukung oleh semua jajaran kita tetap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dengan baik tentunya aman dan lancar,” katanya melalui pesan singkat yang diterima Saluran8.com, Jumat (13/5/2022).

KSAL Terima Penghargaan Gelar Kesatria Padma Nusantara dari Raja Bali 2

Selain kegiatan tradisi warga kehormatan Puri Ageng Blahbatuh, keesokan harinya Laksamana Yudo juga menerima penyematan pin emas penganugerahan Ksatria Padma Nusantara oleh Ida Pedanda Gede Putra Kekeran melalui prosesi pemercikan tirta air suci dan pembacaan doa di atas geladak KRI Surabaya-591 yang berlayar di perairan Bali, dengan di kawal tiga unsur kapal22 perang TNI AL yaitu KRI Frans Kaisiepo-368 di lambung sebelah kiri, KRI Sultan Iskandar Muda-367 di lambung kanan, dan di belakang KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *