Selain Nikmat, 5 Makanan Ini Baik untuk Otak

  • Whatsapp
Selain Nikmat, 5 Makanan Ini Baik untuk Otak 1

takJAKARTA – Otak merupakan salah satu organ tubuh yang cukup penting karena otak merupakan pusat pengendali organ-organ lainnya. Oleh sebab itu menjaga kesehatan sangat dianjurkan agar dapat berfungsi dengan normal dalam waktu yang sama.

Salah satu cara untuk menjaga kesetahan otak bisa dengan memenuhi asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan bergizi. Ruti mengonsumsi makanan yang baik untuk otak juga bisa menjaga kinerja organ tersebut tetap prima.

Bacaan Lainnya

Nah, apa saja ya makanan dengan nutrisi yang baik untuk otak? kali ini Saluran8 akan membahas beberapa makanan yang tak hanya nikmat namun 5 makanan ini baik untuk otak.

1. Buah Jeruk

Selain Nikmat, 5 Makanan Ini Baik untuk Otak 2

Berdasarkan beberapa studi, kandungan vitamin C yang terdapat dalam darah berhubungan langsung dengan peforma seseorang untu fokus, mengingat, mengenali sesuatu dan memberi perhatian serta mengambil sebuah keputusan.

Untuk meningkatkan peforma tersebut kamu hanya memerlukan satu buah jeruk berukuran sedang untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu.

2. Buah Beri

Selain Nikmat, 5 Makanan Ini Baik untuk Otak 3

Mengonsumsi buah beri ternyata sangat baik untuk menjaga fungsi otak tetap bekerja normal, kandungan flavonoid yang terdapat pada buah beri bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat sesuatu.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Brigham and Women’s Hospital (BWH) dijelaskan jika wanita yang rutin mengonsumsi 1 atau 2 porsi buah beri setiap minggu bisa menunda penurunan ingatan sampai 2,5 tahun.

3. Kacang-kacangan

Selain Nikmat, 5 Makanan Ini Baik untuk Otak 4

Mengonsumsi berbagai jenis kacang, terutama walnut ternyata bisa membantu menjaga kesehatan otak lho! Kacang mengandung asam alfa linoleat (ALA) yang merupakan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah dan membersihkan pembuluh darah arteri.

Mengonsumsi walnut sehari-hari bisa membuat otak lebih sehat dan membuat memori otak lebih terjaga.

4. Cokelat Hitam

Selain Nikmat, 5 Makanan Ini Baik untuk Otak 5

Dark chocolate atau coklat hitam mengandung zat flavonoid, kafein dan antioksidan yang berperan aktif untuk meningkatkan kinerja otak.

Cokelat hitam mengandung 70 persen kokoa, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan cokelat biasa yang hanya mengandung 10 sampai 50 persen kokoa.

5. Ikan Berlemak Tinggi

Selain Nikmat, 5 Makanan Ini Baik untuk Otak 6

Ikan yang memiliki lemak tinggi seperi tuna, kod dan pollack mengandung omega-3. Zat ini merupakan asam lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kadar beta-amyloid dalam darah. Beta-amyloid sendiri merupakan protein pembentuk gumpalan yang merusak otak pada penderita Alzheimer.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *