Mengenal 3 Iklim Penyebab Terjadinya 2 Musim di Indonesia

  • Whatsapp
Ternyata, 3 iklim di Indonesia ini penyebab terjadinya 2 musim tanah air! (net)
Ternyata, 3 iklim di Indonesia ini penyebab terjadinya 2 musim tanah air! (net)

JAKARTA – Iklim merupakan cuaca yang berada di berbagai belahan dunia, begitu juga dengan Indonesia. Letaknya yang terkenal sangat strategis membuat Indonesia dikelilingi dengan 3 iklim. Tiga iklim di Indonesia yakni iklim muson, iklim tropis, dan iklim laut menjadikan 2 musim di Indonesia. Dari ketiga iklim ini, yang paling banyak diketahui dan dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah iklim tropis.

Iklim tropis hanya dimiliki oleh negara yang berada di wilayah sekitar garis khatulistiwa, sehingga tidak banyak negara yang beriklim tropis, yang terkenal dengan sinar mataharinya yang cerah. Tak heran, jika banyak dari turis luar negeri yang senang mengunjungi Indonesia walau hanya sekadar untuk berjemur dibawah terik matahari.

Bacaan Lainnya

Berikut ulasan iklim-iklim yang ada di Indonesia:

1. Iklim Muson

Iklim muson merupakan salah satu iklim yang terdapat di Indonesia. Iklim yang satu ini terjadi akibat adanya pengaruh Angin muson yang bertiup di Indonesia dan diketahui berganti arah setiap setengah tahun sekali.

Angin muson sendiri diketahui ada dua jenis yakni Angin muson barat daya dan Angin muson timur laut. Iklim ini pula penyebab mengapa Indonesia merasakan dua musim yakni musim penghujan dan musim kemarau.

Angin muson barat daya berembus dari barat daya atau benua Asia melalui samudera luas karena membawa serta uap air, angin muson barat daya juga diketahui merupakan penyebab adanya musim penghujan di Indonesia. Biasanya, Angin muson akan berembus melewati Indonesia dari bulan Oktober hingga bulan April.

Angin muson timur laut berembus dari timur laut, karena melewati gurun pasir maka Indonesia akan dilanda musim kemarau jika dilewati angin muson ini.

2. Iklim Tropis

Tak hanya iklim muson, salah satu iklim yang dimiliki oleh Inodnesia yakni iklim tropis atau juga yang disebut dengan iklim panas. Iklim tropis ini dipengaruhi oleh letak astronomis Indonesia karena Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui dengan garis khatulistiwa yang menjadikan Indonesia memiliki iklim tropis.

Iklim tropis merupakan negara atau wilayah yang berada di antara 23,5ᵒ – 40ᵒ LU/ LS dan ini hampir mencapai 40% dari permukaan Bumi. Oleh sebab itu Indonesia sangat kaya dengan sinar matahari juga memiliki curah hujan yang banyak.

3. Iklim Laut

Selain itu, Indonesia juga memiliki iklim laut. Hal ini terjadi karena sebagian besar wilayah Indonesia dikelilingi dengan laut. Iklim ini juga merupakan salah satu penyebab Indonesia merasakan hujan karena sifatnya yang lembab hingga Indonesia akan mengalami musim hujan yang berkepanjangan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *