Menhan Prabowo Subianto Beberkan Alasan Dua KRI Buatan Korsel Dijual

  • Whatsapp
Menhan Prabowo Subianto Beberkan Alasan Dua KRI Buatan Korsel Dijual 1

JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beberkan alasan penjualan dua Kapal Perang. Penjualan tersebut dikarenakan kondisi kapal buatan Korea Selatan yang sudah koropos dan sejumlah alat navigasi tidak bisa digunakan.

Dua eks KRI buatan 1980 yang akan dipindahtangankan yakni KRI Teluk Penyu 513 dan KRI Teluk Mandar 514.

Bacaan Lainnya

“Pada kesempatan ini akan kami sampaikan kronologi terkait permohonan penghapusan dengan mekanisme pemindahtanganan lelang dari KRI Teluk Penyu 513 buatan Korea tahun 1980 dan KRI Teluk Mandar 514 buatan Korea tahun 1980,” katanya kepada wartawan di Gedung DPR RI, Kamis (27/1/2022).

Mantan Danjen Kopassus menuturkan ketidaklayakan dua kapal tersebut dalam melaksanakan operasi untuk mempertahankan Kedaulatan perairan Indonesia berdasarkan tim peneliti dari TNI AL untuk mencermati kondisi kapal tersebut.

Tim penelitian itu kemudian menghasilkan beberapa rekomendasi. Adapun rekomendasi itu adalah kondisi material yang tidak layak digunakan serta banyak pipa yang sudah keropos.

“Secara teknis bahwa kondisi material tidak layak digunakan dan perpipaan banyak yang keropos,” ucapnya.

Tidak hanya itu, selain kondisi yang keropos dan alat navigasi tidak berfungsi, kondisi mesin, listrik, dan peralatan navigasi yang tidak bisa digunakan lagi. Sehingga jika diperbaiki tidak efisien.

“Permesinan, kelistrikan, peralatan navigasi komunikasi dan instrumen di anjungan sudah tidak bisa digunakan lagi. Kondisi platform tidak layak digunakan serta tidak efisien untuk diperbaiki atau di-replacement,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *