Mulai 2021, Tidak Ada Lagi Ujian Nasional

Nadiem Makarim
Mendikbud RI Nadiem Makarim - IST

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, membuat kebijakan menghapus Ujian Nasional pada 2021 mendatang.

Menurut Nadiem, Ujian Nasional yang selama ini menjadi salah satu standar kelulusan pelajar akan dilaksanakan terakhir kali pada 2020.

Bacaan Lainnya

Kebijakan itu disampaikan Nadiem dalam rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12).

“Penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2021 akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter,” jelas Nadiem.

Nadiem menyebut sejumlah pertimbangan untuk mengganti sistem Ujian Nasional dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Hal yang paling utama, kata pria 35 tahun itu, karena ujian nasional selama ini dinilai banyak bermasalah.

Nadiem mengungkapkan, berdasarkan survei dan diskusi dari orangtua, murid, hingga guru dan kepala sekolah disebutkan bahwa materi yang digunakan dalam UN cenderung padat.

Ujian Nasional
Ilustrasi Ujian Nasional -IST

Akibatnya, para pelajar hanya berfokus pada penghafalan materi bukan kompetensi. Selain itu, Nadiem juga menyebut UN yang digelar di akhir jenjang sekolah banyak membuat siswa cenderung stres.

Menurut Nadiem, sistem Asesmen Kompetensi Minimum nantinya tidak hanya menilai siswa, tapi juga mampu memetakan sekolah berdasarkan pada kompetensi materi yang diujikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *