Panglima TNI Bakal Umumkan Oknum Pemukul Suporter di Stadion Kanjuruhan

Panglima TNI Bakal Umumkan Oknum Pemukul Suporter di Stadion Kanjuruhan

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bakal umumkan prajurit TNI yang melakukan aksi kekerasan pada tragedi maut di Stadion Kanjuruhan. Andika pastikan pihaknya akan terbuka dalam mengusut tuntas kejadian tersebut.

“Kami di satuan akan telusuri dulu. Biarkan kami tuntaskan sampai dengan besok sore. Kami janji,” katanya kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menegaskan pihaknya juga tidak akan segan-segan akan memberkikan sanksi pidana terhadap oknum TNI yang melakukan kekerasan terhadap supoter.

“Kami tidak akan mengarah pada disiplin, tetapi pidana, karena memang itu sudah sangat berlebihan. Itu bukan dalam rangka mempertahankan diri atau yang lain misalnya. Itu bagi saya masuk ke tindak pidana,”ucapnya.

Saat ini tim dari TNI tengah melakukan investigasi terkait keterlibatan prajurit TNI dalam kekerasan terhadap suporter di Stadion Kanjuruhan. Andika meminta kepada masyarakat agar mengirimkan video bukti kekerasan, sebagai upaya membantu TNI dalam menyelidiki kasus ini.

“Kami juga sambil menunggu nih, apabila ada video-video lain bisa dikirim ke kami. Siapa tahu ada penonton yang saat itu juga mengambil video, bisa jadi bahan melengkapi investigasi dan proses hukum. (Video dikirim) ke Puspen boleh, ke saya boleh,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, melalui konferensi pers, meminta pengusutan keter prajurit TNI dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

“Di dalam video-video yang beredar, ada juga TNI yang nampaknya melakukan tindakan berlebih dan di luar kewenangannya. Apakah video itu benar atau tidak, Panglima TNI akan segera meneliti dan mengumumkannya kepada kita semua,” kata Mahfud.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *