Patung Edward Colston Dirobohkan Dalam Aksi Protes Black Live Matter

Patung Edward Colston dirobohkan dalam aksi protes Black Live Matter (net)
Patung Edward Colston dirobohkan dalam aksi protes Black Live Matter (net)

LONDON – Aksi protes atas pembunuhan George Floyd masih terjadi di Amerika Serikat dan beberapa kota di dunia pada hari Minggu (7/06/2020). Di Inggris demonstran melakukan aksi perobohan patung Edward Colston sang pedagang budak.

Patung Edward Colston yang terletak di kota Bristol dirobohkan saat demonstran melampiaskan kemarahan mereka atas kematian Floyd beberapa waktu lalu setelah mendapat perlakuan buruk dari polisi Minneapolis.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui Colston merupakan salah satu kolonial Inggris pedagang budak yang terkenal pada abad ke-17 lalu. Patung yang sudah berdiri sejak tahun 1895 lalu ini memang sudah banyak menuai kontroversi dan mengundang banyak petisi untuk dirubuhkan hingga akhirnya dirubuhkan oleh para demonstran.

Setelah rubuh massa menggunakan patung tersebut sebagai simbolis dengan menekan lehernya menggunakan lutut, karena dengan cara itulah George Floyd meninggal dunia pada tanggal 25 Mei lalu. Massa juga membuang patung tersebut ke dalam sungai yang tak jauh dari lokasi aksi demo ini.

Sebelumnya pada hari Sabtu (6/06/2020) juga ada aksi protes di London, Inggris. Mereka merusak patung mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churcill yang memimpin Inggris dari tahun 1940 hingga 1945, ketika ia memimpin Britania meraih kemenangan dalam Perang Dunia Kedua, dan kembali menjabat dari tahun 1951 hingga 1955. dan mengganti nama belakangnya hingga menjadi Winston Adalah Orang yang Rasis.

Aksi ini berujung ricuh bahkan mengabaikan aturan social distancing dan berpotensi menjadi salah satu ‘aksi’ penyebaran virus Covid-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *