Sumber Pencemaran Paracetamol di Teluk Jakarta Temui Titik Terang

  • Whatsapp
Sumber Pencemaran Paracetamol di Teluk Jakarta Temui Titik Terang 1

JAKARTA – Para peneliti akhirnya mengungkapkan sumber pencemaran paracetamol di Teluk Jakarta berasal dari sungai Ciliwung yang bermuara di Sungai Angke dan Ancol.

Hasil penelitian ini dipublish ke dalam Marine Pollution Bulletin berjudul “High concentrations of paracetamol in effluent dominated waters of Jakarta Bay, Indonesia”.

Hasil riset Dr. Wulan Koagouw (BRIN, UoB), Prof. Zainal Arifin (BRIN), Dr. George Olivier (UoB), dan Dr. Corina Ciocan (UoB) ini meneliti air dari 4 lokasi di Teluk Jakarta mulai dari Ancol, Angke, Cilincing dan Tanjung Priok.

Sebelumnya dikabarkan Pemprov DKI Jakarta juga menyelidiki air laut di Teluk Jakarta yang tercemar Paracetamol. Penyebab tercemarnya air laut diduga kuat oleh oknum industri yang membuang limbah ke laut.

“Ya kita belum tahu dengan sengaja atau tidak, ini harus jadi perhatian kita agar warga atau pihak institusi manapun jangan membuang apalagi limbah di tempat umum, sungai, danau, waduk, apalagi di laut ya,” kata Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/10/2021).

Ariza mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Mari kita jaga lingkungan hidup kita agar ekosistemnya baik terpelihara karena itu menyangkut kehidupan tidak hanya ekosistem laut tapi kehidupan kita bersama,” tutupnya.

Untuk diketahui, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta angkat bicara soal adanya kandungan Paracetamol di Teluk Jakarta.

Humas DLH DKI Yogi Ikhwan mengatakan, pihaknya tidak secara spesifik meneliti zat yang terdapat di perairan Utara Jakarta itu.

“Kita nggak meneliti parameter itu sih, cuman aprameter yang lain cuman mau check dulu nih apa aja parameter yang kita pantau dari laut Jakarta. Cuman kalau parameter khusus parasetamol kita nggak khusus ke situ deh,”ucapnya beberapa waktu lalu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *