Perkuat Lembaga Penegak Hukum, Ganjar-Mahfud Bakal Kembalikan Indepedensi KPK

Perkuat Lembaga Penegak Hukum, Ganjar-Mahfud Bakal Kembalikan Indepedensi KPK

SALURAN8.COM – JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyatakan, akan menguatkan semua lembaga penegak hukum di dalam Indonesia. Tujuannya, untuk dapat menekan bilangan bulat praktik korupsi di tempat Tanah Air.

Hal yang disebutkan dikatakan Ganjar ketika pidato dalam acara inisiatif penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku integritas) untuk capres-cawapres, pada Gedung Juang KPK, DKI Jakarta Selatan, Rabu, 17 Januari 2024 malam. “Maka penguatan kelembagaan bisa jadi lembaga dapat diadakan dengan koordinasi di dalam antara kelembagaan yang digunakan ada,” kata Ganjar.

Bacaan Lainnya

Adapun langkah pertama, kata Ganjar, yaitu kewenangan penuh untuk mengatasi independensi KPK. Dengan begitu, KPK sanggup tegak lurus menjaga keberhasilan di menangani suatu tindakan hukum tanpa adanya intervensi dari siapapun. “Ketika KPK independen, maka menjaga independen kemudian integritas oleh aparatur pada KPK itu penting. Tidak mampu diintervensi oleh siapa pun,” tegas Ganjar.


Kemudian, kata Ganjar, kejaksaan lalu kepolisian sebagai penegak hukum juga bisa jadi melakukan proses transparansi terhadap warga pada waktu menangani suatu proses hukum. “Kejaksaan, kepolisian juga mampu menyokong transparansi proses-proses untuk masyarakat, untuk penegakan hukum bebas dari intimidasi,” ucap Ganjar.

Atas dasar itu, Ganjar menyatakan pola yang disebutkan yang akan dijalankannya dengan Cawapres Mahfud MD ketika terpilih menjadi presiden lalu duta presiden nanti. “Inilah pola-pola yang tersebut kita lakukan ketika koordinasi, supervisi, pencegahan kita lakukan, melibatkan pemerintahan serta KPK, dunia perniagaan dan juga dunia lembaga pendidikan adalah cara yang bagus,” pungkas Ganjar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *