Pj Gubernur DKI dan Menkes Temukan Tiga Anak Alami Stunting di Jakarta

Pj Gubernur DKI dan Menkes Temukan Tiga Anak Alami Stunting di Jakarta

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta temukan tiga anak alami stunting. Temuan tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Dalam temuan tersbut berbarengan saat kunjungan Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di sebuah Posyandu.

Bacaan Lainnya

“Dari 15 anak yang baru cek kesehatannya di sini, ternyata tiga (anak) sudah masuk stunting dan ini kita harus cepat bergerak,” kata Heru di Posyandu Balita Cempaka 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023).

Ditemukannya tiga anak mengalami stunting, Heru mengimbau kepada orang tua yang memiliki bayi agar secara rutin mengontrol kesehatan terhadap anaknya ke pusat-pusat kesehatan yang telah tersedia.

“Dan kami imbau kepada ibu-ibu atau ayah nya yang memiliki anak bayi, kalau tidak disiplin mengontrol kesehatan, kan kita susah juga, jadi disiplin mengontrol ke Pusyando, bisa ke Puskesmas, supaya pemerintah pusat maupun Pemda DKI bisa langsung intervensi,” tambahnya.

Disasmping itu, Heru juga meminta kepada orang tua agar memiliki pengetahuan dasar agar dapat meningkatkan gizi anak, sehingga terhindar dari stunting.

“Berikutnya, ibunya juga harus punya pengetahuan untuk bagaimana caranya meningkatkan gizi, tadi sudah dikasih tahu ada telor, daging, ikan, harus disuplai,” jelasnya.

Heru menyebut penekanan angka stunting dapat terkendali jika masyarakat atau para orang tua mau ikut terlibat aktif memantau kondisi anaknya, bersama-sama dengan pemerintah.

“Support dari seluruh lapisan masyarakat sangat perlu, bukan hanya Pemda DKI dan Kemenkes, tapi individu-individu yang memiliki bayi juga harus disiplin,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *