Prabowo: Semangat Pendekar Pencak Silat adalah Membela yang Lemah, Miskin, dan Tertindas

Prabowo: Semangat Pendekar Pencak Silat adalah Membela yang Lemah, Miskin, dan Tertindas 1

MELAKA – Presiden International Pencak Silat Federation atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT), Prabowo Subianto membuka kejuaraan The 19th World Pencak Silat Championship di Melaka, Malaysia, Selasa. (27/7/2022).

Dalam sambutan pembukaannya pada acara tersebut, Prabowo menekankan bahwa pencak silat adalah untuk membela diri (self defense) dan bukan ofensif (offensive violence).

Bacaan Lainnya

“Saya ingin menekankan bahwa semangat dari pendekar pencak silat adalah untuk membela diri mereka, keluarga mereka, negara mereka, dan mereka yang miskin, lemah, dan tertindas,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Saluran8.com.

Prabowo yang juga Menteri Pertahanan itu menjelaskan bahwa pesilat sejati tidak pernah memiliki rasa benci dalam dirinya. Pencak silat justru mengenalkan rasa kemanusian.

”Pendekar pencak silat adalah seseorang yang pemberani tetapi tidak pernah memiliki kebencian di dalam jiwa dan tubuhnya. Pencak silat tidak mengenal benci dan curiga. Pencak silat mengenal kemanusiaan dan kesucian setiap individu, setiap agama, budaya, ras di dunia ini,” lanjutnya

Ditambahkan Mantan Danjen Kopassus, dirinyapun menekankan bahwa filosofi pencak silat secara umum adalah untuk membela kebenaran.

“Pendekar pencak silat yang kuat berada di jalur kebenaran, bukan jalur kejahatan. Dan selalu melindungi yang lemah, miskin dan tertindas. Itu adalah filosofi pencak silat. Untuk membela kebenaran,” jelasnya.

Prabowo yang juga ketua umum Partai Gerindra berpesan kepada peserta untuk selalu menjaga sportivitas dan bertanding dengan baik. Adapun ia berterima kasih kepada pihak pelaksana yang telah menyelenggarakan kejuaraan ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.