Presiden Jokowi Kutuk Keras Serangan Israel di Rafah, Palestina

Presiden Jokowi Kutuk Keras Serangan Israel di Rafah, Palestina
Presiden Jokowi Kutuk Keras Serangan Israel di Rafah, Palestina

SALURAN8.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo dengan tegas menyampaikan kecaman Indonesia terhadap serangan Israel di Kota Rafah, Palestina, yang terjadi dalam konteks konflik antara Israel dan kelompok Hamas di wilayah tersebut.

“Meskipun sudah berkali-kali saya sampaikan, tapi saya ingin mengulang lagi bahwa Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Rafah,” tegas Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya yang direkam saat kunjungan kerja di Riau, Sabtu.

Menurut Joko Widodo, Israel seharusnya mematuhi kewajiban internasional, termasuk keputusan mahkamah internasional, untuk menghentikan serangan potensial terhadap Palestina.

Selain Indonesia, banyak negara lain juga mengutuk serangan Israel di Kota Rafah.

Rusia, melalui Wakil Menteri Luar Negeri Mikhail Bogdanov pada Selasa (28/5), menegaskan bahwa operasi militer Israel di Rafah adalah tindakan yang tidak dapat diterima.

Kementerian Luar Negeri Malaysia (Wisma Putra) juga menyatakan penentangan terhadap serangan berkelanjutan Israel, yang dianggap melanggar keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) pada 24 Mei 2024 yang menyerukan penghentian serangan Israel di Rafah.

Pemerintah China juga mendesak agar Israel menghentikan operasi militer di Rafah, tempat perlindungan bagi lebih dari satu juta warga Palestina di Gaza, sesuai dengan keputusan ICJ.

Qatar, melalui Kementerian Luar Negeri, mengutuk keras penembakan terhadap kamp pengungsi di Jalur Gaza oleh pasukan bersenjata Israel, yang dianggap sebagai penghalang bagi pencapaian gencatan senjata di wilayah tersebut.

Sebelumnya, pada Minggu (26/5), Israel melancarkan serangan udara terhadap kamp pengungsi di timur laut Rafah, yang mengakibatkan sedikitnya 40 orang tewas dan puluhan lainnya terluka, menurut dinas pertahanan sipil Palestina.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *