Presiden Portugal Pertimbangkan Lockdown Kembali Demi Tekan penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
Presiden portugal pertimbangkan lockdown kembali demi tekan penyebaran covid-19 (net)
Presiden portugal pertimbangkan lockdown kembali demi tekan penyebaran covid-19 (net)

LISBON – Presiden Portugal Marcelo Robelo de Sousa mengungkapkan pada Senin (2/11/2020) bahwa dirinya tengah mempertimbangkan untuk pengambilan langkah darurat sebagai langkah pencegahan melawan penyebaran virus covid saat angka infeksi terus melonjak di negara tersebut.

Beberapa jam setelah Perdana Menteri Antonio Costa meminta kepada Presiden untuk mengumumkan keadaan darurat, Marcelo Rebelo de Sousa mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa dirinya tengah mempertimbangkan langkah tersebut untuk memerangi pandemi namun tidak akan melakukan lockdown secara total mengutip Reuters.

Bacaan Lainnya

Jika Presiden Marcelo Rebelo de Sousa mengumumkan keadaan darurat, maka anggota parlemen harus menyetujuinya.

Pada hari Sabtu lalu pemerintah setempat sudah memperkenalkan langkah-langkah darurat jika penetapan lovkdown akan diberlakukan kembali, seperti tetap dirumah (kecuali untuk bekerja, sekolah dan berbelanja kebutuhan) dan memakai masker.

“Ini adalah saat kritis dan keadaan darurat akan memperkuat kesadaran sipil akan keadaan darurat sanitasi yang kami hadapi,” kata Costa.

Ia juga mengungkapkan keadaan raurat tidak akan menyisir warga yang berada di luar ruangan seperti bulan Maret lalu, namun akan ada aturan baru lockdown kali ini yaitu pemberlakukan jam malam.

“Keadaan darurat itu akan ‘menghilangkan keraguan hukum’ mengenai tindakan yang mungkin harus diambil pemerintah,” ujar Costa.

Portugal merupakan negara yang memiliki populasi lebih dari 10 juta penduduk, 146.847 diantaranya telah dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan menyebabkan 2.590 kematian.

Kasus baru harian diketahui terus meningkat, terutama pada Jumat (30/10/2020) lalu yang mencatat 4.656 kasus baru, angka ini sekaligus menjadi yang tertinggi sejak pandemi dimulai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *