Puluhan Penguin Mati di Afrika Selatan Akibat Sengatan Lebah madu

  • Whatsapp
Puluhan penguin mati di Afrika Selatan (net)
Puluhan penguin mati di Afrika Selatan (net)

CAPE TOWN – Sebanyak 63 burung penguin mati di Afrika Selatan akibat sengatan lebah madu di Cape Town, Afrika Selatan. Penguin yang dilaporkan mati merupakan spesies yang terancam punah karena populasinya yang sudah semakin menipis di muka bumi.

Taman Nasional Afrika Selatan mengungkapkan pihaknya mengirim sampel penguin-penguin mati ini untuk dilakukan tes toksikologi dan penyakit lainnya. Perwakilan Taman Nasional Afrika Selatan ini menegaskan tidak ditemukannya luka fisik pada burung tersebut.

“Tidak ada tanda luka fisik eksternal ditemukan pada burung-burung tersebut,” kata perwakilan tersebut.

Yayasan Konservasi Burung Pesisir Afrika Selatan (SANCCOB) melakukan analilis untuk mengetahui penyebab kematian dari penguin penguin tersebut dan ditemukan fakta baru bahwa kematian puluhan penguin tersebut terjadi akibat sengatan lebah.

“Setelah melakukan tes, kami menemukan sengatan lebah di sekitar mata penguin-penguin tersebut,” kata dokter hewan dari yayasan SANCCOB, David Robert.

Robert mengungkapkan kejadian ini sangat jarang terjadi bahkan cenderung tidak ada sebelumnya.

“Ini merupakan kejadian yang sangat jarang,” lanjut. Robert.

Tim juga menemukan lebah mati di sekitar kejadian matinya penguin Afrika Selatan tersebut.

Untuk diketahui Penguin Afrika merupakan hewan yang memiliki habitat di kawasan pesisir di sebelah selatan Afrika dan sudah tergolong ke dalam hewan yang terancam punah.

“Penguin-penguin ini tidak seharusnya mati seperti itu, mereka sudah berada di ambang kepunahan. Mereka adalah spesies yang dilindungi,” kata Robert.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *