Asah Kemampuan Bertempur, Ratusan Prajurit TNI Diterjukan ke Markas Pasukan Elite Amerika Serikat

  • Whatsapp
Ratusan Prajurit TNI Diterjukan ke Markas Pasukan Elite Amerika Serikat

JAKARTA – Ratusan prajurit TNI diterjukan ke markas pasukan elite di Fort Bragg, North Carolina, Amerika Serikat. Ratusan prajurit diterbangkan ke negera Paman Sam untuk menjalani Latihan Bersama (Latma) Garuda Airborne.

Wadan Yonif Para Raider 305/Tengkorak Mayor Inf Eko Damuna Prasetyo mengatakan kegiatan pelepasan ratusan prajurit dilakukan oleh KSAD Jendral Andika Perkasa dan dihadiri jajaran pimpinan TNI AD dan Atase Pertahanan Amerika Serikat untuk Indonesia Kolonel Theodore Leo Liebreich.

Bacaan Lainnya

“Sebanyak 100 personel TNI AD yang terlibat terdiri dari 89 orang baik perwira, bintara, dan tamtama dari satuan Kostrad, kemudian 11 orang dari perwakilan setiap Kodam,” katanya kepada wartawan.

Eko menambahkan Latma Garuda Airborne melibatkan Divisi 82 Airborne United States Army, pelaksanaan kegiatan akan dilakukan selama kurang lebih 18 hari.

“Sebanyak 100 personel TNI AD yang terlibat terdiri dari 89 orang baik perwira, bintara, dan tamtama dari satuan Kostrad, kemudian 11 orang dari perwakilan setiap Kodam,” ungkapnya.

Eko menambahkan seluruh personel telah diberangkatkan menuju Fort Bragg pada 16 Juli 2021. Mereka natinya akan melakukan penerjunan bersama dengan 670 personel dari US Army pada tanggal 4 Agustus 2021 dengan pemberangkatan dari Guam selama 10 jam perjalanan menggunakan pesawat C-17 Globemaster.

Untuk diketahui, Andika mengaku bangga kepada 100 prajurit yang diberangkat ke Amerika Serikat. pasalnya Fort Bragg merupakan tempat berlatihnya dari pasukan elite Negeri Paman Sam.

“Kami semua melepas dengan rasa bangga. Itu adalah tempat dari komando spesial operasi, termasuk operasi khusus. Kemudian itu juga merupakan tempat Korps Airborne. Jadi rekan rekan beruntung berada di tempat yang menjadi pusat keberadaannya pasukan elite Angkatan Darat Amerika serikat,” ujarnya.

“Rekan-rekan ingat misi kalian adalah networking, Saya ingin nanti semuanya berbicara tidak hanya penerjemah saja. Ingat nih, jadi jaga kebanggaan kami, jaga kepercayaan kami, terima kasih telah memberi kami kesempatan latihan bersama ini. Saya tahu ini latihan bersama antara TNI AD dan US Army merupakan sesuatu yang sangat penting. Saya harap ini menjadi hal yang berarti bagi, karena kami akan melakukan hal yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *