Rayakan HUT RI, Wakasal Pimpin Upacara pengibaran Bendera di Dasar Laut

Rayakan HUT RI, Wakasal Pimpin Upacara pengibaran Bendera di Dasar Laut

JAKARTA – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono dan sejumlah prajurit Marinir menggelar upacara Pengibaran Bendera Merah Putih bawah Laut. Upacara tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diterima Saluran8.com dari Pen Korps Marinir dijelaskan pada upacara Pengibaran Bendera bawah laut dengan Inspektur Upacara Wakasal tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Negara.

Bacaan Lainnya

Diawali dengan prosesi penyerahan bendera merah putih dari Pasukan Pengawal Bendera kepada Pasukan Pengibar Bendera bawah laut dari Prajurit Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dilanjutkan taklimat awal Pengibaran Bendera oleh Wakasal didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) menandai secara serentak dimulainya Pengibaran Bendera bawah laut di 77 lokasi yang tersebar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Korps Marinir TNI AL ikut serta serentak mengibarkan Bendera Merah Putih dari bawah laut di 77 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak 888 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI & Polri, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, awak media dan masyarakat ikut berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini.

Usai pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih bawah Laut, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut didampingi Dankormar dan Aspotmar Kasal serta para pengibaran bendera dari Prajurit Marinir menerima Piagam rekor MURI dari Bapak Awan Rahargo selaku Senior Manager MURI yang disaksikan oleh Pejabat Utama Mabesal.

Sebelum prosesi pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut tersebut, pada hari Selasa 16 Agustus 2022 kemarin, telah dilaksanakan penyerahan Bendera Merah Putih dan Bendera Jalesveva Jayamahe oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono,  kepada Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku Ketua Panitia di Gedung Utama Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Di depan awak media Wakasal mengatakan bahwa, kegiatan penaikan bendera di dasar laut ini dilaksanakan di seluruh jajaran TNI AL beserta seluruh komponen bangsa baik tingkat pusat maupun di daerah.

“Ini menjadi komitmen dari awal untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut untuk mengisyaratkan bahwa TNI AL siap menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh wilayah laut Indonesia.

“Tentunya ini membangkitkan kembali kejayaan maritim untuk Indonesia, Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat,” pungkas Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.