Satuan Kapal Patroli Lantamal III Berhasil Selamatkan Kapal Kandas di Perairan Pulau Ayer

  • Whatsapp
Satuan Kapal Patroli Lantamal III Berhasil Selamatkan Kapal Kandas di Perairan Pulau Ayer

JAKARTA – Satuan Kapal Patroli Lantamal III berhasil selamatkan Kapal Motor (KM) Jimmy Wijaya 23 yang kandas di Perairan Timur Pulau Ayer Kepulauan Seribu.

Komandan KRI TGR-865 Mayor Laut (P) Arriman S.M mengatakan aksi gerak cepat KRI Tenggiri (TGR)-865 yang tergabung dalam Operasi Alur Arnawa 22, Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I berhasil evakuasi kapal yang kandas akibat gugusan terumbu karang.

Bacaan Lainnya

“Berawal dari laporan masyarakat bahwa ada sebuah kapal kandas pada gugusan terumbu karang di sekitaran Pulau Ayer Kepulauan Seribu, kemudian ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi kejadian dan memberikan bantuan dengan menurunkan sekoci karet guna mengidentifikasi kemungkinan lepas dari karang tersebut” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Saluran8.com dari Dispen AL. Kamis (24/2/2022).

Satuan Kapal Patroli Lantamal III Berhasil Selamatkan Kapal Kandas di Perairan Pulau Ayer 1

Arriman melanjutkan berdasarkan pertimbangan cuaca dan hari telah gelap, maka proses evakuasi dilanjutkan keesokan harinya sambil menunggu saat air pasang tertinggi. Kapal nelayan KM Jimmy Wijaya 23 akhirnya berhasil keluar dari karang dalam pengawasan KRI TGR-865, Prajurit KRI Tenggiri-865 memastikan tidak terjadi kebocoran sebelum diijinkan melanjutkan pelayaran.

Sementara itu, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I, Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo mengapresiasi apa yang dilakukan oleh unsur BKO nya.

“Sudah menjadi tugas unsur KRI yang sedang melaksanakan operasi untuk memberikan rasa aman dan membantu kesulitan pengguna laut, hal ini sesuai kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang disampaikan oleh Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah, agar memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki termasuk alutsista untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tutup Laksma Krisno.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *