Sebuah Meteor Raksasa Melintas di Langit Inggris

  • Whatsapp
Sebuah meteor raksasa melintas di langit Inggris (NET)
Sebuah meteor raksasa melintas di langit Inggris (NET)

LONDON – Sebuah meteor raksasa melintas di langit Inggris pada hari Minggu (28/2) malam waktu setempat, meteor tersebut terlihat selama 10 detik dengan kobaran api membara yang membuatnya terlihat terang di malam hari langit Inggris.

Meteor ini terekam oleh hampir seluruh kamera CCTV di penjuru Inggris, banyak juga warga setempat yang mengaku menyaksikan meteor tersebut saat melintas.

Bacaan Lainnya

Richard Kacerek, salah satu pendiri Jaringan Meteor Inggris, sekelompok pengamat meteor mengatakan kamera mereka mendeteksi meteor pada pukul 21.54. di Wiltshire, Inggris.

“Kami pikir itu adalah komet atau sesuatu yang lebih lembut seperti asteroid yang menghantam atmosfer,” kata Richard.

ia juga mengungkapkan banyak orang yang melaporkan kejadian ini ke dalam jaringan komunitasnya.

“Ratusan orang dari seluruh Inggris dan sejauh utara Skotlandia dan Irlandia Utara melaporkan melihat meteor tersebut ke jaringan,” lanjut Richard mengutip New York Times.

Bagi astronom amatir, pemandangan meteor yang melesat di langit tidak terlalu jarang: sekitar tiga atau empat di antaranya muncul dalam setahun.

Namun, biasanya pada musim seperti ini, bulan purnama membuat meteor lebih sulit untuk dilihat.

“Ini adalah pengecualian. Ini adalah meteor yang sangat, sangat terang yang mengalahkan kecerahan bulan.” tukasnya.

Untuk diketahui meteor merupakan benda ruang angkasa yang akan terbakar saat memasuki atmosfer bumi, benda tersebut akan terlihat seperti bintang berekor yang melintas di langit.

Bola api ini biasanya hanya memiliki magnitudo -4 hingga akan terlihat seperti Planet Venus, sementara Bulan Purnama memiliki magnitudo -12,6 dan Matahari -26,7 oleh sebab itu meteor yang melintas di Inggris kali ini dianggap langka karena kecerahannya melebihi Bulan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *