Siap-siap, Kemhan Bakal Buka Pendaftaran Calon Anggota Komponen Cadangan TA 2022

Siap-siap, Kemhan Bakal Buka Pendaftaran Calon Anggota Komponen Cadangan TA 2022

JAKARTA – Kementerian Pertahanan (Kemhan) akan buka pendaftaran calon anggota Komponen Cadangan (Komcad) pada tahun 2022. Pembukaan pendaftaran tersebut bisa diakses melalui laman resmi Kemhan.

Penerimaan calon anggota baru Komcad pada Tahun Angkatan 2022 terdapat program Komcad akan yang terdiri dari 3 matra, darat, laut, dan udara. Namun, untuk jumlah pastinya, Kemhan tidak menjabarkan detail. Menurut Kemhan, hal itu akan ditelaah terlebih dulu sesuai dengan kebutuhan dan keuangan negara.

Bacaan Lainnya

“Pada Tahun 2022 direncanakan akan dilakukan rekrutmen anggota Komcad yang terdiri matra darat, matra laut, dan matra udara sesuai kebutuhan masing-masing serta sesuai kemampuan keuangan negara,” tulis Kemhan, Jumat (15/10/2021).

Lebih jauh dipaparkan, pada awalnya, pemerintah berencana membuat sebanyak 100 batalyon Komcad. Akan tetapi, lantaran pandemi Covid-19, rencana itu mengalami perubahan.

“Awalnya pemerintah memang berencana membentuk 100 batalyon Komcad. Namun rencana tersebut mengalami perubahan mengingat kondisi keuangan negara akibat Covid-19,” tulisnya.

 

Kemhan memaparkan, rekrutmen Komcad dibuka untuk warga negara Indonesia usia 18-35 tahun secara sukarela dengan berbagai macam latar belakang. Namun, setelah mendaftar harus lulus seleksi ketat yang dilaksanakan oleh TNI.

Pendaftar yang lulus seleksi akan menjalani pelatihan selama 3 bulan di pusat pelatihan militer milik TNI AD, AL dan AU. Selama masa pelatihan, bila calon anggota Komcad berprofesi sebagai ASN atau karyawan swasta, tetap mendapatkan haknya dari instansi tempatnya bekerja.

“Bila anggota Komcad tersebut adalah mahasiswa maka mereka tetap memperoleh hak mereka sebagai mahasiswa,” imbuhnya.

Selain itu, kata Kemhan, negara juga akan memberikan uang saku, jaminan asuransi dan kebutuhan lainya selama pelatihan berlangsung.

Kemhan menuturkan, Komcad merupakan salah satu program yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara. Dimnaa, anggota Komcad memiliki sejumlah hak dan kewajiban

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *