Tak Hanya Jakarta, Wilayah Lain di Indonesia Juga Diperkirakan Mulai Vaksinasi Pekan Depan

Indonesia diperkirakan mulai program vaksinasi pekan depan (net)
Indonesia diperkirakan mulai program vaksinasi pekan depan (net)

JAKARTA – Menteri Perekonomian  Airlangga Hartanto mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia akan mulai vaksinasi massal minggu depan sambil menunggu otorisasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), karena sekitar 700.000 dosis vaksin telah didistribusikan secara luas.

Indonesia merupakan salah satu negara yang tengah memerangi kasus pandemi virus Covid-19 yang terus menyebar di wilayah Asia, Indonesia juga diketahui telah mengamankan lebih dari 329 juta dosis vaksin Covid-19.

Bacaan Lainnya

Jenis vaksin yang akan digunakan pada tahap pertama adalah CoronaVac, vaksin Sinovac China, yang saat ini 3 juta dosis di antaranya telah sampai di Indonesia.

Vaksin akan diberikan secara gratis di seluruh nusantara, dengan target selesai dalam kurun waktu 15 bulan. Pemerintah sendiri telah mempersiapkan dana sebesar 74 triliun rupiah untuk program vaksinasi ini kata Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani.

Produsen obat milik negara Indonesia Bio Farma telah mengirimkan sekitar 714.000 dosis CoronaVac ke 32 provinsi di Indonesia, kata Sri Mulyani.

Bambang Heriyanto, sekretaris perusahaan Bio Farma, mengatakan kepada Reuters bahwa vaksin tersebut saat ini telah dipesan lebih dulu dan kini tengah disimpan untuk menghemat waktu agar dapat dilakukan vaksinasi setelah keluarnya pernyataan resmi dari BPOM.

Sementara itu Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa Indonesia perlu melakukan vaksinasi kepada sekitar 181 juta orang atau sekitar 67% dari total populasi penduduk Indonesia, untuk mencapai kekebalan tubuh kelompok.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *