Taliban Desak AS Hapus Pemimpinnya Dari Daftar Teroris

  • Whatsapp
Taliban desak AS hapus pemimpinnya dari daftar teroris (net)
Taliban desak AS hapus pemimpinnya dari daftar teroris (net)

KABUL – Taliban desak AS hapus pemimpinnya dari daftar teroris serta mencairkan aset Afghanistan. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi pada hari Selasa (14/9/2021) lalu.

Amerika Serikat memang diketahui sudah lama memasukan sejumlah nama pemimpin Taliban dalam daftar teroris termasuk Menteri Dalam Negerii Afghanistan, Sirrajudin Haqqani.

Departemen Luar Negeri AS bahkan telah menyiapkan uang sebesar 10 juta USD untuk siapapun yang memiliki informasi mengenai haqqani.

Selain penghapusan pemimpin Afghanistan dari daftar teroris, Taliban juga meminta agar AS mencairkan aset Afghanistan untuk membantu pemerintahan Taliban yang tengah dilanda krisis ekonomi.

“Kami memberikan jalur aman bagi tentara AS untuk meninggalkan Afghanistan, tapi alih-alih berterima kasih pada kami, AS (justru) membekukan aset-aset Afghanistan,” katanya.

Untuk diketahui, hingga saat ini as telah membekukan hampir 10 miliar USD mulai dari investasi, sumber daya emas dan mata uang asing setelah Taliban berhasil mengambil alih kekuasaaan di Afghanistan pada tanggal 15 Agustus lalu.

Meski begitu Departemen Keuangan Amerika Serikat mengaku pihaknya masih memberikan izin agar pemerintah AS dan negara lainnya untuk tetap memberikan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan.

Taliban juga diketahui tengah merancang sebuah pemerintahan yang akan serupa dengan pemerintahan Iran, di mana pemimpin Taliban, Hibatullah Akhundzada akan ditunjuk sebagai Pemimpin Tertinggi Afghanistan.

Namun, bedanya jika Iran memiliki sebuah pemerintah dengan kabinet dan presiden, nantinya pemimpin tertinggi otoritas keagamaan Afghanistan adalah Hibatulla yang akan memiliki kewenangan dan kebijakan dalam mengesahkan dan membatalkan Undang-Undang dan menjadi penentu dalam setiap adanya masalah kenegaraan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *