Taliban Konfirmasi Telah Eksekusi Pemimpin Tertinggi ISIS

  • Whatsapp
Taliban konfirmasi telah eksekusi pemimpin tertinggi ISIS (net)
Taliban konfirmasi telah eksekusi pemimpin tertinggi ISIS (net)

KABUL – Penguasa baru Afghanistan, Taliban memberikan konfirmasi bahwa pihaknya telah mengeksekusi pemimpin tertinggi ISIS Khorasan atau ISIS-K, Abu Omar Khorasani.

Eksekusi yang dilakukan Taliban ini dinilai untuk menaikan citra penguasa Afghanistan tersebut bahwa saat ini mereka memusuhi kelompok teroris.

Untuk diketahui ISIS-K merupakan kelompok teroris di balik serangan bom bunuh diri yang terjadi di gerbang Bandara Internasional Hamid Karzai pada bulan Agustus 2021 lalu.

Akibat serangan tersebut ratusan orang tewas di tempat termasuk 13 orang tentara Amerika Serikat.

Menurut penjelasan Taliban, Abu Omar Khorasani dieksekusi mati di sebuah penjara yang terletak di Afghanistan pada pertengahan bulan Agustus 2021 atau saat kelompok tersebut merebut Ibu Kota Afghanistan, Kabul.

Saat Taliban menguasai Afghanistan, para anggota Taliban diketahui mengambil alih penjara Pul-i-Charkhi tempat Khorasani ditahan.

Sebelumnya beberapa laporan mengklaim bahwa Khorasani sudah dibebaskan bersama dengan ribuan narapidana lainnya yang mendekam di penjara tersebut.

Namun Wall Street Journal (WSJ) melaporkan jika Khorasani sudah ditembak mati bersama dengan 8 orang lainnya seperti yang dikonfirmasi Taliban pada pekan ini dalam siaran stasiun televisi Lebanon, al-Mayadeen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *