Diduga Samakan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, #TangkapYaqut jadi Trending Topic

  • Whatsapp
Diduga Samakan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, #TangkapYaqut jadi Trending Topic

JAKARTA – Pernyataan kontroversial Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas terkait dugaan membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing mengelegar dijagat media sosial. Hastag #TangkapYaqut menjadi trending topic di Twitter.

Sejauh ini hastag #TangkapYaqut telah mencapai angka lebih dari 18 ribu tweet, dan kemungkinan bakal terus bertambah.

Bacaan Lainnya

Persoalan ini, bermula dari Surat Edaran (SE) Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola, namun sepertinya tidak diterima sejumlah pihak.

Video potongan Menag Yaqut pun beredar di media sosial, ada plot di mana dia memberikan gambaran kenapa SE tentang penggunaan pengeras suara di masjid dan mushola tersebut keluar.

Namun, sejumlah warganet menilai jika Menag Yaqut dalam potongan video yang beredar telah membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing.

Inilah yang menjadikan tagar Tangkap Yaqut populer, ada banyak kicauan yang mengecam ucapan Menag, ada pula yang berkomentar secara lebih bijak.

Diduga Samakan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, #TangkapYaqut jadi Trending Topic 1

“Gus Menteri, semoga ini salah komunikasi/salah memberi contoh saja. Pejabat pastinya tahu mengkomunikasikan masalah secara benar dan proporsional. Apalagi kaitannya agama, tahu sendiri bisa sensitif. Suara azan dan sholawat itu indah sertapenuh makna. Tidak pantas dicontohkan suara anjing,” cuit seorang warganet.

“Saya setuju di bagian speaker masjid harus diatur. Karena memang suaranya kadang terlalu keras. Contohnya waktu takbiran lebaran bisa sampe subuh dan ganggu yang mau tidur. Tapi saya tak terima kalau azan dibandingkan dengan suara anjing,” kicau salah satu netizen.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Thobib Al Asyhar menegaskan Menag Yaqut sama sekali tidak membandingkan suara azan dengan suara gonggongan anjing.

Ia mengatakan, berita viral yang menyatakan Menag membandingkan dua hal tersebut adalah sangat tidak tepat.

“Menag sama sekali tidak membandingkan suara azan dengan suara anjing, tapi Menag sedang mencontohkan tentang pentingnya pengaturan kebisingan pengeras suara,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *