Menkominfo Sebut Tantangan Jurnalis Televisi Saat Ini adalah Media Sosial dan Independensi

Menkominfo sebut tantangan jurnalis televisi saat ini adalah media sosial dan independensi (net)
Menkominfo sebut tantangan jurnalis televisi saat ini adalah media sosial dan independensi (net)

LOMBOK – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjabarkan tantangan perkembangan jurnalis di era disrupsi digital akibat dampak pandemi Covid-19. Menkominfo pun mengharapkan agar jurnalis televisi Indonesia menguasai teknologi digital karena dinilai potensial dalam pengembangan usaha meski di era disrupsi.

Menghadiri kongres ke-6 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Lombok Barat Nusa Tenggara Barat Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjabarkan dua tantangan perkembangan jurnalis di era disrupsi digital akibat dampak pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

Menurut Menkominfo, tantangan pertama yang lazim terjadi yakni persaingan usaha di tengah berkembangnya konten – konten video di media sosial. Pasalnya secara global terdapat peningkatan sebesar 26 persen pengguna layanan video online di tahun 2020 dari pangsa pasar televisi berlangganan dengan pendapatan mencapai 111 ribu miliar dolar Amerika Serikat.

Menkominfo juga menyebut kondisi ini membuktikan bahwa industri pertelevisian saat ini terus bertumbuh pesat  meskipun turut memiliki tantangannya sendiri. Tantangan berikutnya menurutnya yaitu terkait dengan independensi jurnalis dalam melaksanakan tugas, namun meski demikian ia menegaskan agar para insan jurnalis harus dapat menguasai teknologi digital demi kemajuan Indonesia.

Menkominfo menambahkan terdapat juga kondisi besar yang harus diwaspadai jurnalis televisi adalah kesenjangan kepercayaan publik antara media “Mainstream” dan media sosial yang semakin tinggi, oleh sebab itu setiap jurnalis haruslah berkualitas menyikapi kondisi ini sebagai proses untuk membangun kepercayaan kembali kepada publik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.