Terobosan KKP Dongkrak Ekspor Udang Indonesia ke Mancanegara

  • Whatsapp
Terobosan KKP dongkrak ekspor udang Indonesia ke mancanegara (net)
Terobosan KKP dongkrak ekspor udang Indonesia ke mancanegara (net)

JAKARTA – Sektor perikanan adalah salah satu target utama Pemerintah Indonesia agar bisa mendongkrak industri perikanan dengan berbagai langkah dan terobosan-terobosan baru yang dilakukan sejak tahun 2019 lalu.

Udang merupakan salah satu komoditas utama yang ditargetkan mencapai peningkatan ekspor hingga 2,5 kali lipat pada tahun 2024 mendatang. Untuk mewujudkan hal ini pemerintah melakukan berbagai upaya seperti penyederhanaan perizinan dan mengembangkan laboratorium dengan taraf internasional.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPM KKP) Rina menyebutkan Indonesia adalah salah satu negara ekspor udang terbesar di dunia sebut saja seperti Amerika, Tiongkok, Jepang, Uni Eropa dan ASEAN merupakan wilayah jangkauan ekspor udang Indonesia.

“Potensi tersebut masih bisa ditingkatkan, mengingat kebutuhan pangan dunia cenderung mengalami kenaikan dalam hal konsumsi,” ucap Rina.

Untuk menjaga kebutuhan ekspor udang Indonesia, Kemetrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan berbagai hal untuk agar produsen terus menghasilkan udang dengan kualitas standar internasional.

Salah satu cara yang dilakukan KKP adalah dengan mencegah masuknya penyakit ikan yang masih menjadi momok terbesar para penambak udang di Tanah Air. Penyakit yang sering dijumpai pada udang adalah  white spot syndrome virus (WSSV) dan infectious hypodermal hematopoietic necrosis virus (IHHNV).

“Penyakit-penyakit tersebut memiliki efek yang bersifat global,” lanjut Rina.

Untuk para penambak udang ancaman penyakit ini tidak hanya akan menghancurkan usaha udang namun juga akan mengancam kelestarian udang di Indonesia terutama plasma nutfah yang asli.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut Rina mengungkapkan Indonesia saat ini tengah membangun laboratorium dengan taraf internasional yang diharapkan bisa mnejadi sarana utama dalam riset yang berkaitan dengan ikan dan udang.

Udang adalah komoditas unggulan di Indonesia karena menjadi salah satu nilai ekspor terbesar di Indonesia dalam industri perikanan. Hingga bulan Agustus 2020 saja diketahui nilai ekspor perikanan di Indonesia mencapai 3,28 miliar Dollar Amerika dengan 40% diantaranya berasal dari ekspor udang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *