Teruji Kemanan dan Kehalalannya, Satgas Covid Minta Warga Jangan Takut Divaksin

Teruji Kemanan dan Kehalalannya, Satgas Covid Minta Warga Jangan Takut Divaksin

JAKARTA РSatuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat tidak perlu khawatir dan keragu keamanan vaksi virus corona yang disediakan pemerintah. vaksin yang sudah lolos uji klinis tahap III dan memperoleh izin dari BPOM dijamin aman dan hanya memiliki efek samping minor.

“Sekali lagi saya tekankan vaksin yang nanti digunakan aman, efek samping yang terjadi hanya bersifat minor dan sementara,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, di kanal YouTube Setpres, Kamis (19/11/2020).

Bacaan Lainnya

Selain kemanannya terjamin, WIku melanjutkan vaksin tersebut juga terjamin kehalalannya. “Kami meminta kepada masyarakat tidak takut, vaksin Covid-19 yang digunakan adalah vaksin yang aman, memiliki efektivitas dan juga halal, vaksin dapat melindungi diri kita dan orang lain yang tidak dapat di vaksin karena alasan kesehatan tertentu,”tuturnya.

Ditambahkan Wiku vaksin yang digunakan pemerintah tentunya sudah menerima Emergency Use Authorization (UEA) dari BPOM, dan terdaftar di WHO.

“Uji klinis merupakan tahap yang harus dilalui oleh setiap vaksin yang nanti akan digunakan dan untuk memastikan bahwa vaksin tersebut aman untuk digunakan kerpada manusia, serta memiliki efektifitas untuk menghasilkan imunitas tubuh terhadap Covid-19,” ujarnya.

“Pengembangan vaksin COVID-19 juga melibatkan para pakar di bidang kesehatan dan WHO. Hal ini dilakukan untuk memonitor dan memastikan bahwa vaksin ini aman untuk digunaakan. Selain itu kerjasama yang erat ini juga dilakukan untuk menginvestigasi dan mengkomunikasikan isu-isu yang muncul dalam pengembangan vaksin,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *