Untuk Para Fresh Graduate, Ini 4 Tips Cepat Dapat Kerja

tips cepat dapat kerja (net)
tips cepat dapat kerja (net)

JAKARTA – mendapatkan pekerjaan memang bukan hal yang mudah, para pelamar sering kali mendapatkan penolakan dari pekerjaan yang dilamar, hal ini tentunya menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita, apakah ada kesalahan yang diperbuat saat proses pelamaran atau skill kita yang masih berada di bawah rata-rata?

Apakah jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan hanya sedikit? atau memang lebih banyak yang lebih baik dari kita? pertanyaan-pertanyaan ini tentu akan menghantui, namun kamu tidak selalu harus memikirkan hal tersebut, sebab ada beberapa hal yang menyebabkan tertolaknya lamaran pekerjaan.

Bacaan Lainnya

Nah, bagi kamu yang sedang melamar pekerjaan, terutama untuk para fresh graduate, berikut beberapa tips cepat dapat kerja yang bisa kamu terapkan saat sedang mencari pekerjaan.

1. Jangan Terlalu Memilih Pekerjaan

Memilih pekerjaan sesuai dengan bida kemampuan memanglah hal yang baik, namun secara tidak sadar kita kerap kali memilih posisi dan jenis pekerjaan apa yang ingin didapatkan.

Sebaiknya terima apapun pekerjaan yang bisa kita dapatkan selama sesuai dengan porsi keahlianmu, terutama untuk para fresh graduate.

Walaupun jabatan yang didapat tidak sesuai dengan pendidikan dan keinginanmu, setidaknya kamu sudah memiliki sebuah pekerjaan. Kamu juga harus terus mengasah kemampuan utama kamu agar bisa mendapatkan jabatan yang diinginkan.

2. Mulai Bekerja dari Bawah

Sesuatu yang ada di dunia tidak bisa digapai dengan cara cuma-cuma dan instan, semua hal tersebut memerlukan proses serta perjuangan yang berarti.

Walaupun kamu tergolong mahasiswa atau murid yang pintar di sekolah, hal tersebut tidak akan emnjamin kesuksesanmu di dunia kerja. Kamu emmeperlukan kegigihan dan keterampilan lebih untuk bisa mulai merangkak naik dan mendapatkan posisi yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Bekerja Sesuai Kemampuan

Jika kamu merasa belum mmapu untuk mengerjakan sesuatu di tempat Anda melamar, sebaiknya pikirkan secara matang. Sebab, perusahaan juga memiliki kualifikasi tertentu pada beberapa bidang.

Untuk mendapat pekerjaan yang berbeda dengan jurusan Anda bisa memperkaya wawasan mengenai pekerjaan tersebut di internet atau media sosial.

4. Fokus Saat Interview

Jika sudah sampai pada tahap wawancara atau interview, banyak hal yang harus Anda persiapkan salah satunya adalah gaya bicara dan postur tubuh.

Terdengar sepele, namun kedua hal ini ternyata memiliki andil yang besar untuk menentukan nasibmu selanjutnya lho! tunjukan postur dan bahasa tubuh bahwa kamu sudah siap untuk bekerja di tempat tersebut.

Selanjutnya, jangan terlalu jauh membahas hal yang tidak penting diluar konteks pekerjaan, hal ini bisa membuat pewawancara menilaimu sebagar sosok yang kurang relevan dengan bidang yang kamu ambil.

Mendapat pekerjaan memang shal yang cukup sulit di zaman sekarang, meski begitu bukan berarti tidak ada harapan sama sekali. Anda masih bisa mendapatkan pekerjaan impian asal masih mau terus berusaha.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *