TNI AL Bakal Kerahkan Kekuatan Jaga Pelaksanaan KTT G-20 di Bali

  • Whatsapp
TNI AL Bakal Kerahkan Kekuatan Jaga Pelaksanaan KTT G-20 di Bali

JAKARTA – TNI Angkatan Laut siapkan pengamanan agenda internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali. Pengamanan tersebut sesuai dengan arahan panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah unsur dari Angkatan Laut demi menjamin kelancaran dan keamanan agenda tersebut.

Bacaan Lainnya

Adapun unsur-unsur yang disiapkan oleh instansinya terdiri atas KRI, pesawat udara, dan pasukan dari Korps Marinir. “KRI, pesawat udara, (Korps) Marinir,” katanya kepada wartawan usai menutup KSAL Cup 2021 di Pantai Festival Ancol. Minggu (29/11/2021).

Yudo menuturkan unsur-unsur tersebut akan digunakan oleh Mabes TNI dalam pengamanan KTT G-20.

Orang nomor satu di TNI AL itu pun menyebut, Mabes TNI yang nantinya mengatur. Mulai perencanaan sampai pelaksanaan pengamanan.”Tentunya akan dibentuk satuan tugas pengamanan laut,” terangnya.

Mantan panglima Komando Armada (Koarmada) I itupun memastikan, pihaknya akan mendukung penuh semua kebutuhan Mabes TNI dalam tugas tersebut.

“Nanti kami akan mendukung kebutuhan KRI, pesawat udara, maupun (personel Korps) Marinir yang dibutuhkan,” tambahnya.

Sebelumnya, panglima TNI sudah datang langsung ke Bali untuk meninjau persiapan pengamanan KTT G-20 di Pulau Dewata. Dia bertolak ke sana pada Jumat (26/11).

Sepanjang masa presidensi, Indonesia berperan menentukan agenda prioritas dan memimpin rangkaian pertemuan G20. Termasuk KTT yang akan dilaksanakan pada Oktober 2022 di Bali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *