Uni Emirat Arab Berhasil Luncurkan Misi ke Planet Mars

  • Whatsapp
Uni Emirat Arab berhasil luncurkan misi ke Planet Mars (net)
Uni Emirat Arab berhasil luncurkan misi ke Planet Mars (net)

ABU DHABI – Uni Emirat Arab berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa bernama Hope ke Planet Mars pada hari Minggu (19/7) lalu. Peluncuran pesawat ruang angkasa ini menjadi yang pertama kalinya di Negara Arab.

Menurut CNN Hope lepas landas dari Tanegashima Space Center di Jepang, setelah beberapa kali sempat ditunda peluncurannya karena cuaca yang buruk. Hope atau dalam bahasa arab bernama Al Amal diperkirakan akan mencapai Mars pada Februari 2021. Ini akan menjadi pertama kalinya UEA mengorbit Mars, dan rencananya Hope akan melakukan penyelidikan selama satu tahun di Mars atau sekitar 687 hari bumi untuk lebih mengetahui tentang atmosfer, permukaan dan tekstur planet merah ini.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari upaya global untuk menjelajahi ruang angkasa yang dalam,” tweet akun resmi Hope Mars Mission tak lama setelah berhasil melakukan peluncuran.

“The Hope Probe adalah puncak dari setiap langkah yang diambil manusia sepanjang sejarah untuk menjelajahi kedalaman ruang yang tidak diketahui.” lanjutnya.

Tak mau kalah, Amerika Serikat dan China juga memulai misi Mars pada musim panas ini. Perseverance Rover NASA dan Tianwen 1 dari China diperkirakan akan diluncurkan antara akhir Juli dan awal Agustus, meskipun tanggal pastinya masih belum bisa dipastikan.

Ketiga negara ini semuanya meluncurkan musim panas ini karena saat itu Bumi dan Mars saling berdekatan, membuat perjalanan ke planet Mars sedikit lebih pendek dari waktu perkiraan awal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *