Untuk Pertama Kalinya Jerman Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan

  • Whatsapp
Jerman kirim kapal perang ke Laut China Selatan (NET)
Jerman kirim kapal perang ke Laut China Selatan (NET)

JAKARTA – Jermamn kirim kapal perang ke Laut China Selatan pada hari Senin (2/8) untuk pertama kalinya setelah hampir 2 dekade, bergabung dengan negara-negara barat lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ambisi China yang dinilai ingin menguasai Laut China Selatan.

Hingga saat ini China telah mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dan telah mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan sekitar Laut China Selatan.

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) secara tegas  melawan klaim teritorial China dan terus menerapkan kebebasan navigasi dimana para kapal secara bebas melewati beberapa pulau yang tengah menjadi perebutan tersebut.

China kemudian misi AS ini dan mengatakan mereka tidak membantu mempromosikan perdamaian atau stabilitas.

Para pejabat di Berlin mengatakan angkatan laut Jerman akan tetap berpegang teguh pada rute perdagangan umum dan menekankan fakta bahwa Jerman tidak menerima klaim teritorial China.

Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer juga melakukan perjalanan ke pelabuhan Wilhelmshaven untuk melihat kapal fregat Bayern yang sedang dalam perjalanan tujuh bulan yang akan membawanya ke Australia, Jepang, Korea Selatan dan Vietnam.

Kapal itu diperkirakan akan melintasi Laut Cina Selatan pada pertengahan Desember mendatang dan menjadikannya kapal perang Jerman pertama yang melewati wilayah itu sejak 2002.

“Kami ingin hukum yang ada dihormati, rute laut dapat dilayari secara bebas, masyarakat terbuka dilindungi dan perdagangan mengikuti aturan yang adil,” kata Kramp-Karrenbauer.

Negara-negara termasuk Inggris, Prancis, Jepang, Australia, dan Selandia Baru, juga telah memperluas aktivitas mereka di Indo-Pasifik untuk melawan pengaruh kekuasaan China.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *