Mengenal Vaksin Janssen Cukup Satu Dosis, Satu Kali Suntik

  • Whatsapp
Mengenal vaksin janssen (net)
Mengenal vaksin janssen (net)

JAKARTA – Vaksin Janssen atau yang juga dikenal dengan vaksin Johnson and Johnson telah tiba di Indonesia sebanyak 500 juta dosis vaksin pada Sabtu (11/9/2021), vaksin ini bisa digunakan hanya dengan satu kali dosis atau satu kali suntik saja.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan vaksin ini adalah vaksin jadi yang juga merupakan hasil kerjasama Indonesia dengan pemerintah Belanda. Sebelumnya Belanda juga sudah mengirimkan 657 ribu dosis vaksin AstraZeneca ke Indonesia sebagai bentuk kerjasama anta negara dan komitmen dose-sharing untuk 3 juta dosis.

Vaksin Johnson and Johnson yang juga dikenal dengan vaksin Jassen ini sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Badan POM kembali menerbitkan EUA (Emergency Use Authorisation) bagi dua produk vaksin Covid-10 yang baru, yaitu Janssen Covid-19 vaccine dan vaksin Convidecia,” jelas Kepalam BPOM, Penny Lukito dalam situs resmi BPOM.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga telah memasukan Vaksin Janssen ke dalam list vaksin yang bisa digunakan di seluruh negara.

Vaksin Jansen sendiri diketahui merupakan vaksin hasil pengembangan dari perusahaan Johnson & Johnson, vaksin ini tidak mengandung virus SARS-Cov-2 dalam pembuatannya hingga diklaim tidak akan menyebabkan covid-19.

Cara kerja vaksin ini dijelaskan nantinya vaksin akan membentuk perlawanan covid-19 karena dibentuk menggunakan adenovirus yang dilemahkan.

Adenovirus ini nantinya akan membentuk protein SARS-Cov-2 dan akan menghasilkan antibodi bagi orang yang mendapatkan vaksin sehingga jika suatu saat orang tersebut terpapar Covid-19 maka tubuh sudah mengenali dan memiliki antibodi untuk melawan virus Covid-19.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *