Mengenal Varian Baru Covid-19 Omicron yang Diduga Bisa Turunkan Efikasi Vaksin

  • Whatsapp
Mengenal varian baru covid-19 Omicron (net)
Mengenal varian baru covid-19 Omicron (net)

JAKARTA – Covid-19 di dunia belum selesai, saat ini kita kembali dikejutkan dengan varian baru virus Covid-19 bernama Omicron.

Varian baru Covid-19 Omicron ini pertama kali terdeteksi di wilayah Afrika, varian ini diduga oleh sejumpah pakar kesehatan lebih menular dibandingkan dengan varian Covid-19 lainnya yang sudah lebih dulu menyebar.

Bacaan Lainnya

Hal ini tentu memicu kekhawatiran mengenai efikasi vaksin Covid-19 yang saat ini berkembang, sebab diungkapkan jika vaksin yang sudah didistribusikan tidak mempan membasmi varian Omicron tersebut.

Omicron sendiri merupakan varian dengan nomor ilmiah B.1.1.529, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan varian Omicron pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada tanggal 9 November 2021 lalu.

Karena diduga berbahaya, WHO memasukan Omicron ke dalam daftar konsentrasi varian Covid-19 atau Variant of Concern (VOC).

Untuk diketahui varian yang masuk ke dalam jajaran Variant of Concern adalah varian virus yang menjadi perhatian utama, sebab memiliki tingkat penularan yang tinggi dan menurunkan efektivitas diagnosa dan efikasi vaksin yang ada saat ini.

Omicron bergabung dengan beberapa varian lain yang sudah lebih dulu masuk ke dalam Varian of Concern WHO bersama dengan  varian Alpha, Beta, Gamma, dan Delta.

Diketahui saat ini varian Omicron sudah menyebar di 8 negara seperti beberapa diantaranya Inggris, Belgia, Jerman dan Hong Kong.

“Ada risiko tinggi hingga sangat tinggi yang akan menyebar di Eropa,” jelas Pusat pencegahan dan Pengadilan Penyakit Eropa.

Pakar kesehatan juga telah merekomendasikan agar WHO menetapkan varian tersebut sebagai perhatian sebab varian Omicron ini memicu kekhawatiran para ahli karena memiliki jumlah mutasi yang sangat tinggi, lebih dari 30 sel kunci protein spike.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *